Rilis Pers

Rilis Pers Selasa, 26 Juli 2022

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Muharram 1444H/2022M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Setiap tahunnya, Observatorium Bosscha menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal bulan Hijriah, salah satunya Muharram, bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum. Observatorium Bosscha akan menyelenggarakan rangkaian pengamatan bulan sabit, salah satunya pada tanggal 29 Juli 2022 yang merupakan penanda beralihnya bulan Dzulhijjah 1443 H ke bulan Muharram 1444 H.

Rilis Pers Selasa, 28 Juni 2022

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Dzulhijjah 1443H/2022M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Setiap tahunnya, Observatorium Bosscha menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum. Observatorium Bosscha akan menyelenggarakan rangkaian pengamatan bulan sabit, salah satunya pada tanggal 29 Juni 2022 yang merupakan penanda beralihnya bulan Dzulqa’dah ke bulan Dzulhijjah 1443 H.

Rilis Pers Rabu, 27 April 2022

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Jelang Syawal 1443H/2022M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Setiap tahunnya, Observatorium Bosscha menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum. Observatorium Bosscha akan menyelenggarakan pengamatan bulan sabit pada tanggal 1 Mei 2022 yang merupakan penanda beralihnya bulan Ramadhan ke bulan Syawal 1443 H. Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang pada tanggal 28 April hingga 1 Mei 2022 dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat.

Rilis Pers Kamis, 31 Maret 2022

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Jelang Ramadhan 1443H/2022M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum. Pada tanggal 1 April 2022 akan diselenggarakan pengamatan bulan sabit yang merupakan penanda beralihnya bulan Sya'ban ke bulan Ramadhan 1443 H. Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang pada tanggal 29 Maret hingga 2 April 2022 sejak pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat

Rilis Pers covid-19 Selasa, 3 Agustus 2021

PRESS RELEASE Bosscha Tutup terkait COVID-19 2 Agustus 2021

Observatorium Bosscha senantiasa mementingkan keselamatan dan kesehatan pengunjung, staf, maupun seluruh warga sekitar kawasan Observatorium Bosscha. Dengan mempertimbangkan status pandemi COVID-19 serta penyebaran virus yang masih memperlihatkan peningkatan di Indonesia dan khususnya di kawasan Bandung Raya, Observatorium Bosscha memperpanjang penutupan kunjungan dan acara publik tatap muka hingga 9 Januari 2022. Tim Komunikasi, Pendidikan & Penjangkauan Publik Observatorium Bosscha telah menanggapi pandemi COVID-19 dengan menciptakan berbagai pengalaman belajar virtual untuk orang tua, guru, siswa dan masyarakat umum.

Rilis Pers Senin, 24 Mei 2021

PRESS RELEASE Gerhana Bulan Total 2021

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau sepenuhnya piringan Bulan tidak terkena cahaya Matahari karena terhalang oleh Bumi. Pada saat itu, Matahari, Bumi, dan Bulan hampir berada pada satu garis lurus. Umumnya, dalam satu tahun terjadi dua hingga tiga kali gerhana Bulan. Pada tahun 2021, gerhana Bulan terjadi pada tanggal 26 Mei berupa Gerhana Bulan Total (GBT) dan 19 November berupa Gerhana Bulan Sebagian (GBS). Hanya Gerhana Bulan Total tanggal 26 Mei 2021 saja yang dapat teramati fase totalnya dari sebagian besar wilayah Indonesia. Observatorium Bosscha melakukan pengamatan GBT 26 Mei 2021. Pelaksanaan Pengamatan Virtual Langit Malam (PVLM) episode kedua dipaskan dengan peristiwa astronomis istimewa ini. Pengamatan kali ini berkolaborasi dengan Universitas Nusa Cendana (UNDANA), Komunitas Pecinta Langit Timor, dan astronom amatir dari Kupang

Rilis Pers Sabtu, 8 Mei 2021

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Jelang Syawal 1442H/2021M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum. Pada tanggal 12 Mei 2021 akan diselenggarakan pengamatan bulan sabit yang merupakan penanda beralihnya bulan Ramadhan ke bulan Syawal 1442 H. Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang pada tanggal 10, 11, dan 12 Mei 2021 sejak pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat

Rilis Pers Senin, 5 April 2021

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Jelang Ramadhan 1442H/2021M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum. Pada tanggal 12 April 2021 akan diselenggarakan pengamatan bulan sabit yang merupakan penanda beralihnya bulan Sya’ban ke bulan Ramadhan 1442 H. Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang pada tanggal 10, 11, dan 12 April 2021 sejak pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat.

Rilis Pers covid-19 Selasa, 29 Desember 2020

PRESS RELEASE Bosscha Tutup terkait COVID-19 Tahun 2021

Observatorium Bosscha senantiasa mementingkan keselamatan dan kesehatan pengunjung, staf, maupun seluruh warga sekitar kawasan Observatorium Bosscha. Dengan mempertimbangkan status pandemi COVID-19 serta penyebaran virus yang masih memperlihatkan peningkatan di Indonesia dan khususnya di kawasan Bandung Raya. Observatorium Bosscha memperpanjang penutupan kunjungan dan acara publik tatap muka hingga setidaknya 31 Juli 2021. Tim Komunikasi, Pendidikan & Penjangkauan Publik Observatorium Bosscha telah menanggapi pandemi COVID-19 dengan menciptakan berbagai pengalaman virtual untuk orang tua, guru, siswa dan masyarakat umum.

Rilis Pers hilal observasi Kamis, 16 Juli 2020

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Jelang Dzulhijjah 1441 H/2020 M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Dzulhijjah bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum. Akan diselenggarakan pengamatan bulan sabit pada tanggal 21 Juli 2020 yang merupakan penanda beralihnya bulan Dzulkaidah ke bulan Dzulhijjah 1441 H. Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang pada tanggal 20 dan 21 Juli 2020 dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat.

Rilis Pers hilal observasi Jumat, 15 Mei 2020

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Jelang Syawal 1441 H/2020 M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum. Akan diselenggarakan pengamatan bulan sabit pada tanggal 22 Mei 2020 yang merupakan penanda beralihnya bulan Ramadhan ke bulan Syawal 1441 H. Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang pada tanggal 22 dan 23 Mei 2020 dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat.

Rilis Pers hilal observasi Rabu, 22 April 2020

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Jelang Ramadhan 1441 H/2020 M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum. Akan diselenggarakan pengamatan bulan sabit pada tanggal 23 April 2020 yang merupakan penanda beralihnya bulan Syaban ke bulan Ramadhan 1441 H. Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang pada tanggal 23 April 2020 dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat.

Rilis Pers Jumat, 30 Agustus 2019

Pengamatan Hilal Menjelang Muharram 1441 H/2019 M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha melaksanakan kegiatan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Pengamatan pada tanggal 31 Agustus 2019 merupakan pengamatan bulan sabit penanda beralihnya bulan Dzulhijjah 1440 H ke bulan Muharram 1441 H. Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 31 Agustus 2019. Kegiatan pengamatan dimulai dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat.

Rilis Pers hilal observasi Kamis, 30 Mei 2019

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Jelang Syawal 1440 H/2019 M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang Astronomi, Observatorium Bosscha melaksanakan kegiatan pengamatan bulan sabit muda hampir setiap bulannya. Pada awal bulan Juni 2019, kita akan memasuki peralihan dari Bulan Ramadhan ke Bulan Syawal 1440 H dalam sistem kalender Hijriyah. Hilal dipastikan akan amat sulit diamati di Observatorium Bosscha sehingga Observatorium Bosscha memutuskan untuk tidak melakukan pengamatan hilal menjelang Bulan Syawal 1440 H.

Rilis Pers hilal observasi Kamis, 25 April 2019

PRESS RELEASE Pengamatan Hilal Jelang Ramadhan 1440 H/2019 M

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha melaksanakan kegiatan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Pengamatan pada tanggal 5 Mei 2019 merupakan pengamatan bulan sabit penanda beralihnya bulan Syaban ke bulan Ramadhan 1440 H. Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang dan di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 5 Mei 2019. Kegiatan pengamatan di dua tempat tersebut dimulai dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat.

Rilis Pers workshop Seminar Rabu, 26 Desember 2018

90 Tahun Teleskop Refraktor Ganda Zeiss Observatorium Bosscha

Pada tanggal 7 Juni 1928 Pimpinan (NISV), K.A.R. Bosscha secara resmi menyerahkan fasilitas pengamatan astronomi terbesar dan termodern di Asia berupa Teleskop Refractor Ganda buatan Zeiss kepada Nederlandsch Indische Sterrenkundige Vereeniging untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pemajuan sains, terutama sains astronomi, dan untuk mengangkat peran ilmuwan di Nusantara. Sejak tahun 1951 Observatorium Bosscha menjadi bagian dari Institut Teknologi Bandung dan menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan berbagai dukungan Observatorium Bosscha terus bekerja keras dalam menyumbangkan hasil pengamatan dan penelitian astronomi kepada pemajuan ilmu astronomi, menyelenggarakan pendidikan tertier astronomi di Indonesia, berinteraksi konstruktif dengan komunitas astronomi internasional, dan memberikan layanan pendidikan untuk masyarakat.

Ke Atas