Materi Edukasi

Halaman materi edukasi berisi kumpulan material yang dapat digunakan untuk membantu pengajaran astronomi di sekolah dan pada pembelajaran informal. Material yang terdiri dari aktivitas, lembar kerja, poster, video dan materi presentasi dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kesempatan bagi siswa level preschool, level dasar, menengah, hingga atas untuk mengeksplorasi astronomi.

Pada halaman ini disediakan tiga kategori, yaitu Bentuk, Kelompok Usia, dan Topik. Kategori Bentuk merupakan jenis penyampaian materi, seperti presentasi, lembar kerja, aktivitas, poster, dan video. Kategori Kelompok Usia merupakan pembagian materi berdasarkan usia yang terdiri dari 5 kelompok dan merentang dari 3 tahun hingga 18 tahun. Kategori Topik merupakan pembagian materi berdasarkan topik astronomi terkait, seperti Alam Semesta, Bintang, Bulan, dll. Silakan pilih masing-masing kategori ini dengan cara klik pada setiap kategorinya sehingga memunculkan beragam pilihan. Kemudian pilih salah satunya untuk memunculkan materi yang diharapkan.

video 10-12 tahun fenomena astronomi
Video Gerhana Matahari

Bumi merupakan tempat yang sangat indah dan banyak fenomena menarik yang dapat disaksikan di langitnya. Materi ini menjelaskan kepada anak-anak tentang objek-objek angkasa yang dapat terlihat dari Bumi. Kemudian menjelaskan posisi kita di tata surya dan alam semesta dengan bernyanyi.

Tonton
presentasi 3-5 tahun alam semesta
Jelajah Angkasa

Bumi merupakan tempat yang sangat indah dan banyak fenomena menarik yang dapat disaksikan di langitnya. Materi ini menjelaskan kepada anak-anak tentang objek-objek angkasa yang dapat terlihat dari Bumi. Kemudian menjelaskan posisi kita di tata surya dan alam semesta dengan bernyanyi.

Unduh
presentasi 3-5 tahun bumi
Bumi dan Fenomenanya

Bumi dapat dikatakan memiliki berbagai wajah karena permukaannya dapat berganti warna ketika musim berubah ataupun ketika siang berubah menjadi malam. Dalam materi ini, anak-anak diajak untuk mengenali berbagai perubahan tersebut, disertai penyebab yang mengiringinya.

Unduh
presentasi 6-9 tahun bulan
Berbagi Bulan yang Sama

Bulan adalah objek luar angkasa yang paling dekat dengan bumi. Manusia sudah mengenal Bulan sejak lama. Ia objek yang menjadi primadona untuk diamati di malam yang gelap sehingga merupakan objek yang sangat dekat dengan manusia di sepanjang peradaban. Seperti apakah setiap kebudayaan memandangnya? Dan apa yang sesungguhnya berada di Bulan? Materi ini akan membahas itu semua. Dibahas pula fitur permukaan, kaitan Bulan dan Bumi serta manusia pada masa mendatang.

Unduh
presentasi 10-12 tahun tata surya
Mengenal Tata Surya

Tata Surya adalah kata-kata yang sering kita dengar. Namun, apakah semua orang mengenal isi Tata Surya? Dalam materi ini dibahas objek-objek yang termasuk ke dalam objek Tata Surya. Materi dimulai dengan mengenalkan objek tata surya yang tampak di langit hingga menjelajah objek-objek yang diperkenalkan.

Unduh
presentasi 13-15 tahun bumi
Sistem Bumi, Bulan, dan Matahari

Bulan dan Matahari merupakan objek yang sangat berpengaruh terhadap Bumi. Banyak fenomena yang dapat kita rasakan atau saksikan dari hasil konfigurasi Bumi, Bulan dan Matahari. Semua itu akan dibahas dalam materi ini yang dibuka oleh pengenalan Tata Surya sebagai rumah dari Bumi, Bulan, dan Matahari.

Unduh
presentasi 16-18 tahun bintang
Bintang dan Evolusinya

Sejak dahulu kala, bintang merupakan objek yang sangat menarik bagi manusia karena keindahannya di langit malam. Hal ini menyebabkan timbulnya banyak pertanyaan mengenai bintang, seperti asal-usul bintang hingga sumber cahaya yang menyebabkan bintang bersinar. Materi ini akan membantu menjawab pertanyaan tersebut serta menceritakan jalan hidup bintang dari sejak lahir hingga akhir hidupnya.

Unduh
presentasi 13-15 tahun matahari
Matahari, Bintang di Tata Surya Kita

Matahari adalah objek yang paling terang dilihat di langit. Sebagai sumber energi utama, efek keberadaanya terasa hingga ujung Tata Surya. Dalam materi ini disampaikan penjelasan tentang Matahari, karakteristik Matahari sebagai sebuah bintang, aktivitas yang terjadi di Matahari. Disampaikan pula efeknya terhadap Bumi dan cara mengamati dengan aman.

Unduh
presentasi 10-12 tahun matahari
Mengenal Matahari

Matahari merupakan sumber energi utama bagi seluruh makhuk hidup di Bumi. Oleh karena itu, Matahari memiiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Materi ini akan membahas mengenai hubungan antara Matahari dan Bumi, pengertian Matahari, hingga bagaimana cara yang aman untuk mengamati Matahari.

Unduh
presentasi 6-9 tahun alam semesta
Mengenal Alam Semesta dan Rumah Kita

Pernahkah kita bertanya-tanya mengenai penyebab utama terjadinya siang dan malam di Bumi? Materi ini akan menjelaskan fenomena yang setiap hari kita alami tersebut. Selain itu juga akan dijelaskan mengenai macam-macam tetangga Bumi di Tata Surya, Galaksi tempat tinggal kita, dan Alam Semesta yang sangat luas.

Unduh
presentasi 3-5 tahun profesi dan teknologi
Astronot (suplemen)

Apakah benar bahwa kerjaan astronot selalu melayang-layang di luar angkasa setiap saat? Atau apakah menjadi astronot akan selalu berada di bulan dan planet lain? Begitu banyak mitos yang kurang tepat mengenai astronot yang tersebar di masyarakat. Materi ini akan meluruskan beberapa anggapan tersebut dan menjelaskan secara singkat apa saja syarat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang astronot profesional.

Unduh
presentasi 3-5 tahun matahari
Matahari dan Kisahnya

Matahari sebagai sumber energi bagi makhluk hidup di Bumi sudah sejak dulu diamati dan diabadikan menjadi cerita turun-menurun di masyarakat. Beberapa kisah Matahari yang ada di Nusantara berasal dari Papua, yaitu Kisah Memecah Matahari, dan kisah gerhana Matahari yang terkenal di daerah Jawa. Materi ini akan menceritakan dua kisah tersebut disertai gambaran singkat tentang hal yang sesungguhnya terjadi ketika gerhana.

Unduh
presentasi 10-12 tahun profesi dan teknologi
Prinsip-Prinsip Ilmiah dalam Astronomi

Banyak orang yang salah mengartikan astronom dengan astronot. Dalam materi ini disampaikan bagaimana cara bekerja seorang astronom. Disampaikan pula jenis-jenis instrumen yang digunakan dalam astronomi serta efeknya dalam perkembangan dunia.

Unduh
presentasi 16-18 tahun galaksi
Mengenal Galaksi

Jika kita mengamati langit malam yang jauh dari perkotaan, kita dapat melihat bentangan “awan” yang menyapu langit. Tapi sadarkah kita bahwa itu adalah galaksi Bima Sakti tempat kita tinggal? Materi ini akan menjelaskan berbagai informasi mengenai sejarah hingga misteri yang ada pada galaksi berbentuk spiral.

Unduh
aktivitas 6-9 tahun fenomena astronomi
Roda Gerhana

Aktivitas kali ini akan memberikan gambaran gerhana dengan menggunakan model dua dimensi. Dengannya, anak-anak dapat memahami bagaimana konfigurasi Bumi, Bulan, dan Matahari yang dibutuhkan untuk menghasilkan gerhana yang berbeda.

Unduh
aktivitas 6-9 tahun fenomena astronomi
Flipbook Pasang Air Laut

Aktivitas dalam modul ini memperkenalkan perubahan ketinggian air laut (pasang surut) yang berkaitan dengan fase Bulan dengan membuat flipbook sederhana.

Unduh
aktivitas 10-12 tahun fenomena astronomi
Model Pasang dan Surut Air Laut

Pasang surut adalah peristiwa alamiah berupa kenaikan permukaan air laut (pasang) terhadap ketinggian normalnya. Bagi mereka yang tinggal di pesisir pantai mungkin tidak awam dengan peristiwa ini, tetapi bagaimana dengan mereka yang tinggal jauh dari pesisir pantai? Aktivitas ini memvisualisasikan secara sederhana bagaimana pasang surut terjadi.

Unduh
lembar kerja 6-9 tahun fenomena astronomi
Kenampakan Musim di Bumi

Bumi mengelilingi Matahari selama satu tahun. Dalam rentang waktu ini pula terjadi perubahan di lingkungan permukaan Bumi, seperti panas, dingin, daun menguning, dan bunga-bunga bermekaran. Perubahan ini menandakan bergantinya musim. Namun tidak semua anak-anak dapat mengenali perubahan musim yang tidak pernah mereka alami. Oleh karenanya, anak-anak dapat dibimbing untuk mengisi lembar kerja dalam modul aktivitas ini sehingga anak-anak memahami tentang musim dan perubahan lingkungan.

Unduh
aktivitas 10-12 tahun fenomena astronomi
Simulasi Musim di Bumi

Bumi memerlukan 365 hari untuk mengelilingi Matahari. Selama periode ini, terjadi perubahan di permukaan Bumi yang disebut musim. Dengan menggunakan model Bumi dan Matahari, anak-anak akan menyimulasikan revolusi Bumi yang disertai kemiringan sumbu rotasi Bumi. Dengan begitu penyebab perubahan musim dapat dipelajari dengan baik.

Unduh
aktivitas 10-12 tahun fenomena astronomi
Durasi Siang-Malam yang Berbeda

Bagi kita yang tinggal di daerah khatulistiwa, durasi siang dan malam tidak jauh berbeda, masing-masing sekitar 12 jam. Namun, bagaimana jika kita tinggal di negara lintang tinggi atau rendah, akankah durasi siang dan malam masih sama sepanjang tahun? Dalam aktivitas ini, anak-anak akan diajak untuk memahami perbedaan durasi siang dan malam dengan menggunakan model bola styrofoam yang diposisikan seperti kemiringan sumbu rotasi Bumi.

Unduh
aktivitas 6-9 tahun fenomena astronomi
Simulasi Siang dan Malam

Pada aktivitas ini, anak-anak akan membuat model Bumi dan Matahari untuk digunakan mempelajari konsep siang dan malam yang diakibatkan oleh rotasi Bumi. Bumi akan dimodelkan oleh bola, sedangkan Matahari akan dimodelkan oleh senter. Aktivitas akan baik jika dilakukan dalam ruang gelap tetapi masih dapat melihat.

Unduh
lembar kerja 6-9 tahun fenomena astronomi
Perbedaan Siang dan Malam

Siang dan malam adalah fenomena yang dialami sehari-hari, namun apakah anak-anak mampu membedakan kedua waktu ini? Melalui aktivitas ini, anak-anak diajak untuk memperhatikan perbedaan siang dan malam, baik dalam gambar maupun lagu. Dengan berbagai gambar, anak-anak akan diajak untuk mencocokan aktivitas sehari-hari mana yang berasosiasi dengan siang dan malam.

Unduh
aktivitas 3-5 tahun fenomena astronomi
Aktivitas Membuat Fase Bulan dengan Oreo

Dalam rangka memperkenalkan fenomena fase Bulan, anak-anak diajak untuk membuat fase Bulan menggunakan Oreo dan menyusunnya pada lembar kerja. Anak-anak diajak untuk mengenali nama fase Bulan yang sesuai dengan gambaran pada bentuk Oreo.

Unduh
aktivitas 10-12 tahun fenomena astronomi
Buku Aktivitas Fase Bulan

Buku ini berisi informasi singkat tentang Bulan dan fase Bulan beserta empat aktivitas dan lembar kerja terkait yang dapat dilakukan secara individu. Seluruh aktivitas ini bukanlah rangkaian aktivitas yang harus dilakukan seluruhnya secara berurutan. Oleh karenanya aktivitas dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Unduh
lembar kerja 16-18 tahun bumi
Aktivitas Mengukur Lintang Dengan Gnomon

Siswa akan diajak untuk melakukan eksperimen sains mulai dari membuat alat sederhana yaitu gnomon, melakukan pengambilan data dan pengolahan data. Dengan mengukur panjang bayangan gnomon pada siang hari, bersama dengan panjang sebenarnya gnomon, siswa akan menentukan garis lintang tempat mereka berada di Bumi.

Unduh
poster 10-12 tahun bulan
Poster Fitur Permukaan Bulan

Poster berukuran cetak A0 ini memperlihatkan gambaran fitur permukaan Bulan disertai informasi kawah-kawah besar di Bulan dan titik lokasi pendaratan beberapa misi ke Bulan.

Unduh
aktivitas 6-9 tahun fenomena astronomi
Visualisasi Fase Bulan

Melalui aktivitas ini, siswa diajak untuk mempelajari bagaimana perubahan muka Bulan yang dikenal sebagai fase Bulan terjadi. Dengan globe dan sumber cahaya lampu/senter siswa diajak mengenal urutan perubahan fase Bulan.

Unduh
aktivitas 6-9 tahun fenomena astronomi
Dunia yang Berputar

Siang dan malam merupakan dua kondisi yang sangat berbeda. Melalui aktivitas ini anak-anak akan diajak untuk memperhatikan bagaimana dunia bekerja pada saat siang dan malam. Materi komplementer tentang siang dan malam dapat diperoleh dalam bentuk presentasi.

Unduh
poster 10-12 tahun matahari
Poster Matahari

Poster panjang ini mengilustrasikan struktur Matahari dan bagian-bagiannya serta informasi fisis tentang Matahari.

Unduh
lembar kerja 10-12 tahun fenomena astronomi
Poster Gerhana Matahari

Koleksi ini berisi 5 poster penjelasan tentang gerhana Matahari, jenis-jenis gerhana Matahari dan bagaimana melakukan pengamatan Matahari dengan aman.

Unduh
aktivitas 6-9 tahun matahari
Membuat Kotak Sepatu Lubang Jarum

Dengan berbekal kotak sepatu dan memanfaatkan prinsip lubang jarum, siswa diajak untuk membuat alat sederhana yang dapat digunakan untuk mengamati Matahari atau gerhana Matahari dengan aman.

Unduh
lembar kerja 13-15 tahun fenomena astronomi
Matematika Dalam Gerhana

Melalui lembar kerja ini, siswa diajak untuk mengamati bagaimana konfigurasi Bumi-Bulan-Matahari dapat menghasilkan gerhana Matahari. Siswa akan dilatih untuk mempelajari karakter segitiga sama sisi dan menggunakannya untuk memahami konsep gerhana.

Unduh
aktivitas 10-12 tahun matahari
Aktivitas Proyeksi Lubang Jarum

Salah satu metode yang paling aman untuk mengamati Matahari adalah dengan metode proyeksi. Aktivitas ini menggambarkan bagaimana siswa dapat membuat alat sederhana untuk mengamati Matahari dengan memanfaatkan teknik lubang jarum (pinhole)

Unduh
aktivitas 10-12 tahun fenomena astronomi
Membuat Kotak Fase Bulan

Aktivitas ini mengajak siswa untuk membuat alat sederhana dengan kardus yang akan digunakan untuk menggambarkan bagaimana tahapan fase Bulan terjadi.

Unduh
aktivitas 10-12 tahun fenomena astronomi
Bagaimana Gerhana Matahari Terjadi

Apa yang menyebabkan terjadinya gerhana Matahari? Dengan melakukan aktivitas bermain peran (play role), siswa-siwa akan diajak memperagakan terjadinya gerhana. Aktivitas akan menjelaskan bagaimana konfigurasi dan ukuran relatif Bumi, Bulan, dan Matahari akan menghasilkan gerhana Matahari yang diamati dari Bumi.

Unduh
aktivitas 10-12 tahun tata surya
Model Dimensi Tata Surya

Berbicara ukuran dan dimensi objek-objek astronomi yang sangat besar dan tidak dirasakan di kehidupan sehari-hari tentu tidak dapat langsung dipahami. Berapa ukuran Tata Surya kita, seberapa dekat jarak antara planet-planet di Tata Surya? Aktivitas ini akan memberikan gambaran berapa dimensi Tata Surya (Matahari-Pluto) dan di mana letak planet-planet menggunakan bahan-bahan sederhana.

Unduh
Ke Atas