Newsletter Edisi 03: Oktober - Desember 2021

Jumat, 8 Oktober 2021

Daftar Isi

Pengamatan Astronomi, Menyambut Pesan dari Semesta Raya

Kisah kesabaran manusia lintas generasi dalam memantau perubahan yang teramati pada benda-benda-benda langit. Kesabaran , yang didampingi dengan keingintahuan dan kegigihan, terbayarkan ketika ditemukannya sebuah benda langit yang kecerlangannya mendadak naik drastis.

Nova, “Bintang Baru” yang Mengagumkan

Pendalaman menarik mengenai Nova, objek menarik di langit yang sempat disangka sebagai bintang baru oleh manusia di masa lalu. Kini, dengan bertambahnya pemahaman tentang evolusi bintang, kita dapat pastikan bahwa Nova bukanlah fenomena kelahiran bintang yang baru bersinar.

Panduan Observasi Langit Oktober – Desember 2021

Mulai dari Gerhana Bulan Sebagian, Sirius di rasi Canis Major (bintang yang terlihat paling terang di langit malam), komet 67P/Churyumov-Gerasimenko di titik perihelion hingga tiga puncak hujan meteor dengan ZHR (Zenithal Hourly Rate) lebih dari 10 meteor setiap jamnya. Fenomena langit Oktober - Desember 2021 akan diberi panduan singkatnya di sini.

Liputan berbagai kegiatan di Observatorium Bosscha mulai dari jangkauan publik hingga penelitian Observatorium Bosscha sejak Juli sampai pertengahan September 2021.

Di bagian jangkauan publik, akan disajikan ulasan mulai dari Pengamatan Virtual Langit malam, Kelas Daring Astronomi sampai workshop tentang mengenali minat dan kebutuhan mempelajari Bumi dan alam semesta.

Di bagian penelitian,akan disajikan ulasan mulai dari pengamatan okultasi satelit Galilean Jupiter, Nova RS Ophiuchi hingga diseminasi pengembangan metode pengamatan hilal.

1 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas