Newsletter Edisi 01: April - Juni 2021

Kamis, 8 April 2021

Daftar Isi

Quasar Terjauh dan Pertanyaan-pertanyaan Baru

Penemuan Quasar terjauh ternyata menguji pemahaman umat manusia tentang alam semseta, terutama tentang pembentukan lubang hitam di saat usia alam semesta masih muda.

Rasi Bintang: Sebuah Persepsi Subjektif

Rasi-rasi bintang yang teramati pada langit malam saat ini ternyata tidak sama seperti yang dilihat oleh makhluk Bumi 50000 tahun yang lalu. Mereka juga akan terlihat berbeda polanya jika diamati oleh manusia generasi tahun 10000 M. Apa penyebabnya? Dari mana kita bisa mengetahuinya?

Panduan Observasi Langit April-Juni 2021

Mulai dari Gerhana Bulan Total, komet C/2020 R4 ATLAS di titik terdekat dari Bumi, sampai tiga puncak hujan meteor pada bulan April – Juni 2021. Fenomena langit April – Juni 2021 akan diberi panduan singkatnya di sini.

Liputan berbagai kegiatan di Observatorium Bosscha mulai dari jangkauan publik hingga penelitian Observatorium Bosscha pada akhir Maret sampai Juni 2021.

Di bagian jangkauan publik, akan disajikan ulasan mulai dari Kelas Daring Astronomi sampai pre workshop tentang mengenali minat dan kebutuhan mempelajari Bumi dan alam semesta.

Di bagian penelitian,akan disajikan ulasan mulai dari kolokium program penelitian Observatorium Bosscha di tahun 2021 hingga pengamatan Hilal Sya’ban 1442 H.

1 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas