Kunjungan Sekolah

Dashboard
Cards

Program ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman pendidikan yang tak terlupakan kepada para peserta didik pra-sekolah hingga mahasiswa perguruan tinggi, memperluas pengetahuan mereka tentang alam semesta, serta menginspirasi minat mereka dalam ilmu pengetahuan. Selama tur, setiap kelompok pelajar yang berkunjung ke Observatorium Bosscha akan menghabiskan waktu dengan berkunjung ke Teleskop Refraktor Ganda Zeiss, mengamati Matahari dengan aman (jika cuaca memungkinkan), dan mengikuti sesi interaktif dengan edukator kami untuk paparan materi astronomi atau kegiatan prakarya/hands-on dengan topik spesifik. Kunjungan hanya tersedia pada hari Selasa dan Kamis dengan durasi setiap kunjungan maksimal 2 jam (dapat disesuaikan dengan kebutuhan).

Observatorium Bosscha juga menawarkan program kunjungan ke sekolah untuk penyelenggaraan aktivitas pengamatan dan paparan astronomi dengan jadwal yang disepakati bersama. Kirim seputar pertanyaan tentang kunjungan sekolah melalui kontak email bosscha.fmipa@itb.ac.id dengan subjek Kunjungan ke Sekolah.

  1. Peserta kunjungan hanya bisa mendaftar melalui halaman website Observatorium Bosscha.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan antara 14 hingga 90 hari sebelum jadwal berkunjung. Pilihan jadwal hanya ditampilkan dalam 4 bulan (ditutup pada hari libur nasional dan cuti bersama).
  3. Setiap hari kunjungan terdapat 2 sesi:
    • Sesi 1 : 09.00 - 11.00 WIB
    • Sesi 2 : 13.00 - 15.00 WIB
  4. Pendaftaran hanya akan dibuka pada hari Senin-Kamis, pukul 09.00-15.00 WIB (kecuali hari libur nasional dan cuti bersama).
  5. Sekolah hanya dapat mendaftarkan peserta kunjungan minimal 39 orang peserta didik dan 1 orang guru, dengan maksimal total 80 orang (gabungan peserta didik dan guru. Sekolah dapat mendaftarkan peserta kurang dari jumlah minimal, tetapi tetap dikenai biaya sejumlah minimal orang.
  6. Biaya kunjungan Rp 50.000/orang.
  7. Besar biaya kunjungan ditetapkan berdasarkan Peraturan Rektor Institut Teknologi Bandung Nomor 4A/IT1.A/PER/2023 tentang Standar Tarif Layanan Laboratorium dan Layanan Pendukung Institut Teknologi Bandung.
  8. Sekolah memilih jadwal yang diinginkan dan mengisi data yang dibutuhkan di dalam formulir pendaftaran.
  9. Setelah pengisian data selesai, sekolah akan mendapatkan konfirmasi pendaftaran melalui e-mail yang berisi informasi pemesanan dan cara pembayaran. Sekolah dapat berkomunikasi dengan membalas email untuk menentukan konten spesifik yang diharapkan.
  10. Lakukan pembayaran dan siapkan surat permohonan resmi dari sekolah.
  11. Kirimlah bukti pembayaran dan surat permohonan resmi untuk mendapatkan e-tiket kunjungan.
  12. Datang pada hari dan sesi kunjungan dengan menunjukkan e-tiket.

  1. Program kunjungan akan dimulai tepat waktu, pastikan Anda tiba 30 menit sebelum sesi Anda dimulai. Keterlambatan berkonsekuensi Anda hanya dapat mengikuti sebagian kegiatan dari waktu kunjungan yang tersisa.
  2. Perhatikan waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk menuju observatorium. Pada hari kerja, perjalanan dari pusat kota Bandung dapat ditempuh sekitar 45-60 menit. Dalam kondisi akhir pekan atau masa libur besar (libur Idul Fitri, libur Natal dan Tahun Baru), perjalanan dapat ditempuh hingga 2-3 jam.
  3. Calon pengunjung yang sudah mendaftar dapat melakukan pembatalan atau penjadwalan ulang sebanyak 1 kali dengan mengirim email ke obsbosscha@gmail.com paling lambat 7 hari sebelum waktu berkunjung. Program dapat pula dialihkan menjadi program Kelas Daring Astronomi.
  4. Ketidakhadiran pada jadwal kunjungan atau pembatalan tanpa penjadwalan ulang akan berakibat tiket hangus dan tidak bisa dilakukan pengembalian dana (refund).
  5. Jika cuaca mendung/hujan, kita tidak akan bisa melakukan pengamatan Matahari melalui teleskop.
  6. Untuk bersiap dari cuaca panas terik maupun hujan, silakan membawa topi, payung, atau jas hujan.
  7. Setiap peserta didik membawa alat tulis.
  8. Tidak dapat menambah jumlah peserta pada hari-H.
  9. Tidak melakukan kegiatan piknik dan memetik tanaman di lingkungan Observatorium Bosscha.
  10. Kendaraan hingga ukuran bus medium (25 seats) dapat masuk hingga ke area dalam kompleks (jumlah kendaraan terbatas), untuk kendaraan lebih besar, mohon berkenan untuk mencari parkir alternatif di luar Observatorium Bosscha karena area parkir yang terbatas.

Telepon(022)2786001 (pada hari dan jam kerja)
Emailobsbosscha@gmail.com

Jadwal Kunjungan dan Pendaftaran

Ke Atas