Kunjungan Siang Berpemandu

Dashboard
Cards

Program kunjungan untuk individu dan keluarga ini dibuka pada hari Sabtu dengan tanggal yang telah ditentukan (ditutup pada hari libur nasional dan cuti bersama). Setiap hari kunjungan akan disediakan 2 sesi dengan jumlah pengunjung setiap sesi maksimal sejumlah 60 orang. Anda yang berminat untuk berkunjung perlu untuk melakukan pemesanan di awal secara daring melalui sistem yang telah kami siapkan dan melakukan pembayaran melalui cara transfer.

Setiap sesi kunjungan akan berlangsung selama 1 - 1,5 jam yang akan dipandu oleh astronom dan edukator Observatorium Bosscha. Anda akan mendapatkan pengalaman dengan berkunjung ke Gedung Teleskop Zeiss yang bersejarah dan mempelajari sejarah di balik bangunan ikonik astronomi Indonesia yang terdaftar sebagai warisan budaya nasional. Program akan dilanjutkan dengan melihat pameran astronomi tematik untuk mempelajari peran situs observatorium dalam aktivitas keilmuan atau pameran astrofotografi yang menampilkan cerita di balik objek-objek astronomi yang menarik. Pengunjung akan dapat mengikuti aktivitas pengamatan Matahari menggunakan teleskop (bila cuaca memungkinkan) yang diperkaya dengan diskusi tentang Matahari bersama para edukator kami. Program ini akan menghadirkan sosok astronom profesional yang akan siap menjawab dan berdiskusi dengan Anda pada sesi Tanya Astronom.

  1. Peserta kunjungan hanya bisa mendaftar melalui halaman website Observatorium Bosscha.
  2. Halaman pendaftaran kunjungan memperlihatkan tiga jadwal kunjungan terdekat (ditutup pada hari libur nasional dan cuti bersama).
  3. Setiap hari kunjungan terdapat 2 sesi dengan kuota pengunjung masing-masing sesi sejumlah 60 orang.
    • Sesi 1 : 08.30 - 10.00 WIB
    • Sesi 2 : 10.30 - 12.00 WIB
  4. Pendaftaran hanya akan dibuka pada hari Senin-Kamis, pukul 09.00-15.00 WIB (ditutup pada hari libur nasional dan cuti bersama).
  5. Setiap pendaftar hanya dapat mendaftarkan peserta kunjungan maksimal 5 orang.
  6. Biaya kunjungan Rp 50.000/orang (balita tidak dikenai biaya).
  7. Besar biaya kunjungan ditetapkan berdasarkan Peraturan Rektor Institut Teknologi Bandung Nomor 4A/IT1.A/PER/2023 tentang Standar Tarif Layanan Laboratorium dan Layanan Pendukung Institut Teknologi Bandung.
  8. Peserta kunjungan memilih jadwal yang diinginkan dan mengisi data yang dibutuhkan di dalam formulir pendaftaran.
  9. Setelah pengisian data selesai, peserta kunjungan akan mendapatkan konfirmasi pendaftaran melalui e-mail yang berisi informasi pemesanan dan cara pembayaran.
  10. Peserta kunjungan melakukan pembayaran dan kirim bukti transfer sebelum tenggat waktu 24 jam untuk mendapatkan e-tiket kunjungan. E-tiket adalah bukti sah untuk masuk saat kunjungan.
  11. Datang pada hari dan sesi kunjungan dengan menunjukkan e-tiket.

  1. Tur akan dimulai tepat waktu, pastikan Anda tiba minimal 30 menit sebelum sesi Anda dimulai. Keterlambatan berkonsekuensi Anda hanya dapat mengikuti sebagian isi tur atau pembatalan oleh pihak observatorium.
  2. Perhatikan waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk menuju observatorium. Pada hari kerja, perjalanan dari pusat kota Bandung dapat ditempuh sekitar 45-60 menit. Dalam kondisi akhir pekan atau masa libur besar (libur Idul Fitri, libur Natal dan Tahun Baru), perjalanan dapat ditempuh hingga 2-3 jam.
  3. Calon pengunjung yang sudah mendaftar dapat melakukan pembatalan atau penjadwalan ulang dengan mengirim email ke obsbosscha@gmail.com paling lambat 72 jam (3 hari) sebelum waktu berkunjung. Anda hanya dapat melakukan penjadwalan ulang sebanyak 1 kali.
  4. Ketidakhadiran pada jadwal kunjungan atau pembatalan tanpa penjadwalan ulang akan berakibat tiket hangus dan tidak bisa dilakukan pengembalian dana (refund).
  5. Jika cuaca mendung/hujan, kita tidak akan bisa melakukan pengamatan Matahari melalui teleskop.
  6. Untuk bersiap dari cuaca panas terik maupun hujan, silakan membawa topi, payung, atau jas hujan.
  7. Anak-anak berusia hingga 12 tahun wajib didampingi oleh orang tua. Orang tua bertanggung jawab atas pengawasan anak-anak selama berada di Observatorium Bosscha.
  8. Tidak melakukan kegiatan piknik dan memetik tanaman di lingkungan Observatorium Bosscha.
  9. Observatorium Bosscha dapat menyesuaikan kunjungan dengan kebutuhan khusus para pengunjung. Sebagian besar fasilitas di Observatorium Bosscha belum dapat diakses kursi roda. Silakan diskusikan dengan kami pertimbangan apa pun saat melakukan pendaftaran sehingga kami dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.
  10. Tidak tersedia penjual makanan dan minuman di dalam kompleks Observatorium Bosscha. Silakan membawa minum secara mandiri jika dibutuhkan.

Telepon(022)2786001 (pada hari dan jam kerja)
Emailobsbosscha@gmail.com

Jadwal Kunjungan dan Pendaftaran

Ke Atas