Kunjungan Malam

Dashboard
Cards

Kunjungan Malam merupakan program kunjungan ke Observatorium Bosscha pada malam hari. Kunjungan Malam memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengamati objek langit langsung menggunakan teleskop dipandu oleh staf astronom dari Observatorium Bosscha (selama cuaca memungkinkan).

Kunjungan Malam tahun 2024 akan diadakan pada tanggal tertentu di bulan Juni - Agustus. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan peluang keberhasilan pengamatan karena sudah memasuki musim kemarau. Waktu mulai sesi dimulai pada sore hari agar pengunjung dapat beradaptasi dengan lingkungan observatorium ketika hari masih terang. Kunjungan Malam diharapkan dapat memberikan pengalaman untuk merasakan kegelapan dan keindahan langit malam dari kawasan observatorium.

Penjelasan lengkap:
  1. Peserta kunjungan hanya bisa mendaftar melalui halaman website Observatorium Bosscha.
  2. Halaman pendaftaran kunjungan hanya memperlihatkan tanggal kunjungan malam setiap bulannya.
  3. Kunjungan malam hanya akan dibuka untuk hari Kamis/Jumat setiap 2 pekan pada bulan Juni hingga Agustus 2024.
  4. Bulan Tanggal
    Juni 14, 21
    Juli 11, 12, 18, 19
    Agustus 8, 9, 15, 16
  5. Pembukaan pendaftaran akan dilakukan setiap awal bulan di hari Senin.
  6. Setiap tanggal kunjungan disiapkan untuk kuota pengunjung maksimal 100 orang pengunjung.
  7. Halaman pendaftaran kunjungan hanya dibuka pada hari Senin - Kamis pukul 09.00-15.00 WIB. Pendaftaran tidak bisa dilakukan pada hari libur nasional dan cuti bersama.
  8. Biaya kunjungan Rp 50.000/orang (balita tidak dikenai biaya).
  9. Besar biaya kunjungan ditetapkan berdasarkan Peraturan Rektor Institut Teknologi Bandung Nomor 4A/IT1.A/PER/2023 tentang Standar Tarif Layanan Laboratorium dan Layanan Pendukung Institut Teknologi Bandung.
  10. Peserta kunjungan dapat memilih jadwal yang diinginkan dan mengisi data yang dibutuhkan di halaman pendaftaran.
  11. Setelah pengisian data selesai, peserta kunjungan akan mendapatkan konfirmasi pendaftaran melalui e-mail yang berisi detail informasi pemesanan, biaya yang harus dibayarkan, dan cara pembayaran.
  12. Peserta kunjungan harus melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti transfer sebelum tenggat waktu yang diberikan pada email konfirmasi untuk mendapatkan e-tiket kunjungan.
  13. Peserta yang sudah melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti transfer akan mendapatkan email kembali yang berisikan e-tiket.
  14. Harap simpan baik-baik e-tiket tersebut karena e-tiket merupakan bukti validasi yang akan ditunjukkan pada saat kunjungan.
  15. Datang tepat waktu pada tanggal kunjungan yang telah ditentukan. Peserta yang terlambat atau tidak hadir pada tanggal kunjungan akan dinyatakan membatalkan kunjungan dan dana yang sudah ditransfer tidak dapat dikembalikan.
  16. Peserta kunjungan tidak dapat melakukan penggantian jadwal dikarenakan jadwal kunjungan malam yang sangat terbatas.

  1. Kegiatan Kunjungan Malam terdiri dari 2 sesi program, yaitu sesi sore dan sesi malam.
  2. Sesi sore berlangsung pada pukul 17:00 - 18:10 WIB, dilanjutkan dengan sesi malam pada pukul 18:10 - 19:50 WIB.
  3. Alur kegiatan diawali dari kedatangan peserta kunjungan yang disambut di lokasi pindai e-tiket saat registrasi ulang.
  4. Di lokasi pindai e-tiket, peserta kunjungan akan dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu kelompok Auriga (A), kelompok Bootes (B), kelompok Centaurus (C), dan kelompok Dorado (D).
  5. Berikut alur kunjungan untuk setiap kelompok.
  6. Waktu (WIB) Auriga Bootes Centaurus Dorado
    17:05 - 17:35 Gedung Teleskop Refraktor Ganda Zeiss Gedung Teleskop Refraktor Ganda Zeiss Gedung J Gedung J
    17:40 - 18:10 Gedung J Gedung J Gedung Teleskop Refraktor Ganda Zeiss Gedung Teleskop Refraktor Ganda Zeiss
    18:10 - 18:30 Istirahat
    18:30 - 19:50 Seluruh pos di area pengamatan
  7. Setelah istirahat, pengunjung akan dibebaskan untuk memasuki pos kegiatan yang tersedia. Pengunjung dapat mengikuti pos pengamatan sesuai dengan daya tampung setiap pos. Jika ada 1 pos yang sudah memenuhi daya tampung, maka pengunjung dapat diarahkan untuk mengisi pos yang lainnya.
  8. Pengunjung dapat mendatangi pos pengamatan hingga batas waktu pukul 19.50 WIB di area kompleks observatorium Bosscha.
  9. Kegiatan yang disiapkan pada setiap kunjungan adalah sebagai berikut:
    1. Mengunjungi Gedung Teleskop Refraktor Ganda Zeiss untuk mendengarkan pemaparan tentang bagaimana astronom bekerja menggunakan teleskop bersejarah tersebut. (30 menit)
    2. Mengunjungi Gedung J untuk mendengarkan cerita langit malam sesuai tema pada hari kunjungan. (30 menit)
    3. Mengamati objek langit malam menggunakan tiga teleskop yang disediakan yaitu teleskop Bamberg dan dua teleskop portabel.
    4. Berinteraksi langsung dengan astronom profesional pada pos Tanya Astronom untuk menjawab keingintahuan terkait astronomi.

  1. Kegiatan kunjungan akan dimulai tepat waktu pada pukul 17.00 WIB. Pastikan tiba minimal 30 menit sebelum sesi dimulai. Keterlambatan berkonsekuensi pengunjung hanya dapat mengikuti sebagian kegiatan atau pembatalan oleh pihak observatorium.
  2. Perhatikan waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk menuju observatorium. Pada hari kerja, perjalanan dari pusat kota Bandung dapat ditempuh sekitar 45-60 menit. Dalam kondisi waktu pulang kerja, akhir pekan, atau masa libur besar (libur Idul Fitri, libur Natal dan Tahun Baru), perjalanan dapat ditempuh hingga 2-3 jam.
  3. Jika cuaca mendung/hujan, pihak Observatorium tidak akan membuka teleskop untuk melakukan pengamatan.
  4. Saat cuaca tidak mendukung pelaksanaan pengamatan malam, Observatorium Bosscha akan membuka pos gedung pameran sebagai kegiatan pengganti.
  5. Untuk bersiap dari cuaca dingin dan/atau hujan, pengunjung dipersilakan membawa baju hangat, jaket, payung, atau jas hujan.
  6. Anak-anak berusia hingga 12 tahun wajib didampingi oleh orang tua. Orang tua bertanggung jawab atas pengawasan anak-anak selama berada di Observatorium Bosscha.
  7. Pengunjung tidak diperkenankan melakukan kegiatan piknik seperti menggelar tikar atau makan bersama serta memetik tanaman di lingkungan Observatorium Bosscha.
  8. Observatorium Bosscha berupaya memenuhi kebutuhan khusus para pengunjung. Sebagian besar fasilitas di Observatorium Bosscha belum dapat diakses kursi roda. Silakan diskusikan dengan kami pertimbangan apa pun saat melakukan pendaftaran sehingga kami dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.
  9. Observatorium Bosscha tidak menyediakan penjualan makanan dan minuman di dalam kompleks. Silakan membawa persediaan secara mandiri jika dibutuhkan.

Telepon(022)2786001 (pada hari dan jam kerja)
Emailobsbosscha@gmail.com

Jadwal Kunjungan dan Pendaftaran

Ke Atas