Joint Star Party Bosscha Observatory & Telescope Indonesia

Rabu, 1 November 2023

Langit malam selalu menyimpan misteri dan keindahan yang menggetarkan. Untuk pertama kalinya, Observatorium Bosscha berkolaborasi dengan Telescope Indonesia menyelenggarakan acara pengamatan langit malam dan pelatihan teleskop untuk para peminat astronomi di Indonesia. Kegiatan ini menggabungkan paparan astronomi populer, pelatihan teknis, dan pengalaman pengamatan objek langit. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 bertempat di Observatorium Bosscha diikuti oleh 50 orang peserta yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Acara dimulai dengan paparan singkat mengenai astronomi populer yang membahas tentang di mana posisi kita di alam semesta dan bagaimana pengetahuan tentang hal tersebut didapatkan dan berkembang. Sesi paparan selama 1 jam 40 menit ini dibawakan oleh astronom Observatorium Bosscha, Muhammad Yusuf. Disampaikan dengan sangat apik, para peserta menyimak dengan antusias dan sesi tanya jawab berlangsung dengan sangat hidup.

Setelah paparan, peserta diajak untuk berkeliling melihat fasilitas-fasilitas yang ada di Observatorium Bosscha. Tur dimulai dengan kunjungan ke Teleskop Refraktor Ganda Zeiss dimana peserta berkesempatan untuk melihat bagaimana para astronom bekerja menggunakan Teleskop Zeiss dan apa saja yang telah dihasilkan oleh pengamatan menggunakan Teleskop Zeiss. Aktivitas tur dilanjutkan dengan mengunjungi Pameran Sejarah Astronomi dan Pameran Astrofotografi yang merangkum sejarah dan evolusi aktivitas Observatorium Bosscha.

Sesi dilanjutkan dengan memberikan peserta wawasan dasar tentang aspek teknis pengamatan astronomi dan cara kerja teleskop. Sesi disampaikan oleh perwakilan dari Telescope Indonesia, Sahand Soheili Mozafar. Sesi ini melibatkan pemahaman dasar tentang penggunaan teleskop, penentuan titik fokus, pengaturan eksposur dan cara mengamati berbagai objek langit.

Sebagaimana acara pengamatan bintang atau Star Party pada umumnya, puncak acara adalah pengamatan langit malam, yang selalu memesona. Sayangnya, walau dengan persiapan teleskop yang sudah matang, turunnya hujan dan langit mendung tidak memungkinkan untuk dilaksanakan pengamatan langit. Namun demikian, peserta berkesempatan untuk menyaksikan pengamatan langit yang dilakukan secara remote menggunakan teleskop ITB-UNDANA yang berada di Kupang. Teleskop dikendalikan oleh Muhammad Yusuf dan dalam sesi yang pendek tersebut peserta berhasil mengamati Jupiter, Saturnus, dan Galaksi Sculptor. Sesi pengamatan remote ini menjadi penutup rangkaian acara Star Party.

Silakan mengunduh foto kegiatan melalui tautan berikut Kumpulan Foto Kegiatan.

2 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas