Workshop Paket Edukasi Gerhana 2023

gmt2023 Rabu, 5 April 2023

Dalam rangka menyambut Gerhana Matahari Total 20 April 2023, sebanyak 1000 kotak Paket Edukasi Gerhana 2023 telah disiapkan dan disebarkan kepada sekolah dan komunitas di Indonesia. Paket ini tersebar dari barat hingga timur Indonesia, bahkan hingga daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal).

Workshop (pelatihan) untuk menguatkan pemahaman terkait gerhana dan paket edukasi ini, turut menyertai para penerima paket maupun fasilitator pendidikan dan komunitas yang tertarik mengikutinya. Workshop yang diselenggarakan oleh Observatorium Bosscha beserta UNAWE (Universe Awareness) Indonesia ini dilaksanakan dalam beberapa gelombang untuk menjangkau seluruh peserta dari berbagai daerah.

Pelatihan gelombang pertama dilaksanakan secara luring di Ancol, DKI Jakarta untuk para Pengajar Muda dari Indonesia Mengajar. Pelatihan pada Jumat, 10 Maret 2023 ini dihadiri oleh hampir 50 Pengajar Muda yang siap ditempatkan di daerah 3T, yaitu:

  1. Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi
  2. Kab. Seruyan, Kalimantan Tengah
  3. Kab. Boalemo, Gorontalo
  4. Kab. Kepulauan Aru, Maluku
  5. Kab. Teluk Wondama, Papua Barat.

Pelatihan gelombang berikutnya dilaksanakan secara daring dalam tiga pilihan waktu, yaitu 25 Maret 2023, 1 April 2023, dan 8 April 2023. Rangkaian workshop daring ini telah dihadiri oleh hampir 600 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk para Pengajar Muda yang belum sempat mengikuti workshop daring pada gelombang pertama.

Dalam workshop yang berdurasi hampir dua jam ini, peserta mendapat informasi seputar program Paket Edukasi Gerhana 2023 dan sains gerhana. Peserta pula dapat turut membuat Kotak Lubang Jarum dan berdiskusi dalam kelompok-kelompok kecil.


Materi Presentasi

Paket Edukasi Gerhana 2023
Sains Gerhana

Rekaman Workshop

Sabtu, 1 April 2023
2 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas