Astro Kids: Kegiatan Daring Untuk Anak

Rabu, 15 Februari 2023

Keingintahuan akan alam semesta telah menjadi bagian dari pemikiran banyak manusia sejak dahulu kala. Tak hanya orang dewasa, anak-anak sering bertanya-tanya seperti apa alam semesta, ada apa saja di dalamnya, sebesar apa alam semesta, dan beragam pertanyaan lain yang menggugah daya pikir mereka. Untuk mewadahi keingintahuan anak-anak dan memfasilitasi beragam pertanyaan di benak mereka, Observatorium Bosscha melaksanakan kegiatan daring perdana untuk anak usia prasekolah hingga usia sekolah dasar pada tahun 2022.

Kegiatan yang dikenal dengan nama Astro Kids ini berlangsung pada akhir pekan dengan mengusung tema Tata Surya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 September dan 17 Desember 2022 pukul 09.00 WIB. Para astronom sekaligus komunikator astronomi Observatorium Bosscha menemani anak-anak untuk berbagi cerita dan mengenalkan Tata Surya. Selama kegiatan, anak-anak dapat bertanya dan bertukar ilmu dengan para astronom melalui media Zoom.

Astro Kids pada bulan September bertemakan “Jelajah Tata Surya". Selama kegiatan, anak-anak dikenalkan dengan objek-objek Tata Surya, terutama planet-planet. Penjelajahan kali ini memanfaatkan sebuah program yang dapat menunjukkan objek-objek angkasa (Gambar 1) dengan jelas bahkan hingga dapat menyimulasikan seolah-olah mendarat di objek angkasa pilihan. Dengannya, anak-anak dapat melihat berbagai fitur permukaan dan ciri khas setiap planet dengan lebih jelas. Tak hanya itu, anak-anak diajak pula untuk mengamati Matahari secara virtual. Citra Matahari dari teleskop yang dipasang filter matahari terbaru miliki Observatorium Bosscha, telah membuka jendela baru untuk mengenalkan Matahari kepada publik. Fitur bintik matahari, spikula, prominensa, dan lidah api yang jelas terlihat menjadikan Matahari seolah-olah berada tepat di depan mata.

 **Gambar 1.** Fitur penjelajahan ke Matahari.
Gambar 1. Fitur penjelajahan ke Matahari.

Astro Kids pada bulan Desember yang bertemakan “Skala Tata Surya” menjadi kegiatan dengan persiapan yang istimewa karena komunikator astronomi Observatorium Bosscha membawakan kegiatan di luar ruangan. Astro Kids kali ini mengajak peserta untuk mencoba aktivitas prakarya bersama secara virtual. Kegiatan yang berlokasi di halaman rumah dari Teleskop Zeiss, dikenal sebagai Gedung Koepel, menjadikan tantangan tersendiri bagi Observatorium Bosscha untuk memanfaatkan hal-hal yang berada di lingkungan sebagai materi dalam pembahasan.

Gedung Koepel, yang saat itu sedang dalam renovasi, menjadi bintang utama dalam materi kali ini. Ia menjadi model dari dimensi Matahari kita, ditemani payung dan buah-buahan yang menjadi model dimensi dari planet-planet yang mengitari Matahari (Gambar 2). Kegiatan ini tak hanya mengenalkan perbandingan dimensi dari setiap objek Tata Surya, dalam aktivitas prakarya juga dikenalkan dimensi jarak dari setiap planet terhadap Matahari dengan harapan peserta anak-anak dapat memahami mengapa planet hanya terlihat sebagai titik kecil di langit malam. Hal menarik lainnya, fase bulan sabit turut menghiasi langit biru kala pagi itu dan menjadi kado di akhir kegiatan.

 **Gambar 2.** Penjelasan perbandingan dimensi planet-planet menggunakan model Gedung Koepel dan buah-buahan.
Gambar 2. Penjelasan perbandingan dimensi planet-planet menggunakan model Gedung Koepel dan buah-buahan.

Kegiatan Astro Kids ini membuat anak-anak takjub akan megahnya Tata Surya dan melayangkan banyak pertanyaan pada sesi tanya-jawab. Untuk melihat bagaimana kegiatan berlangsung, Anda dapat menyaksikan rekamannya pada kanal YouTube Observatorium Bosscha di bawah ini.

Astro Kids: Skala Tata Surya
3 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas