Menuju Pulau Kisar

gmt2023 Kamis, 19 Januari 2023

Titik lokasi yang berada di bawah bayangan inti Bulan adalah tempat yang memungkinkan dapat mengamati Gerhana Matahari Total (tutupan 100%). Sedangkan lokasi di luar jalur totalitas tetap dapat mengamati peristiwa gerhana Matahari Sebagian, dengan persentase tertutupnya piringan matahari saat puncak gerhana bergantung pada jarak suatu lokasi dari jalur totalitas. Jalur totalitas gerhana April 2023 sebagian besar jatuh di area lautan dan sedikit yang melewati daratan. Salah satu daerah yang sangat beruntung tersebut adalah Pulau Kisar.

 **Gambar 1.**  Peta jalur totalitas Gerhana Matahari Total tanggal 20 April 2023. Garis merah merupakan jalur totalitas gerhana, lokasi yang dilewatinya dapat mengamati gerhana matahari total. Bayangan abu-abu pada peta membagi daerah-daerah yang dapat melihat gerhana matahari sebagian dengan puncak totalitas gerhana yang berbeda-beda.
Gambar 1. Peta jalur totalitas Gerhana Matahari Total tanggal 20 April 2023. Garis merah merupakan jalur totalitas gerhana, lokasi yang dilewatinya dapat mengamati gerhana matahari total. Bayangan abu-abu pada peta membagi daerah-daerah yang dapat melihat gerhana matahari sebagian dengan puncak totalitas gerhana yang berbeda-beda.

Pulau Kisar adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Wetar dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Luasnya sekitar 82 km$^2$, lebih kecil daripada Kecamatan Lembang (95,56 km$^2$). Pulau ini merupakan bagian dari wilayah administrasi pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, provinsi Maluku. Pulau Kisar dibagi menjadi dua kecamatan, Kecamatan Kisar Utara dan Kecamatan Kisar Selatan (sebelumnya Kecamatan Pulau-pulau Terselatan). Jumlah penduduk di Pulau ini adalah 13.185 jiwa atau kepadatan penduduknya sekitar 160 jiwa per km$^2$ (data BPS 2022).

 **Gambar 2.** Lokasi Pulau Kisar (lingkaran merah) di Peta Provinsi Maluku.
Gambar 2. Lokasi Pulau Kisar (lingkaran merah) di Peta Provinsi Maluku.

Bagaimana Menuju Pulau Kisar?

Perjalanan menuju Pulau Kisar dapat dilakukan melalui jalur udara dan laut. Jalur penerbangan ke Pulau Kisar hanya dapat dilakukan melalui Kota Kupang dan Ambon melalui penerbangan perintis karena jalur runway di Bandara John Becker yang pendek (950 meter). Letaknya di dekat laut membuat penumpang dapat menikmati pemandangan laut dan bentangan langit saat berada di terminal bandara.

Pesawat perintis SAM Air, yang berkapasitas 12-15 orang, melayani rute penerbangan Ambon-Kisar. Jadwal penerbangan SAM Air rute ini tidak tersedia setiap hari, hanya satu kali seminggu. Jadwal penerbangan Sam Air dapat berubah-ubah dan disesuaikan dengan kondisi serta cuaca saat itu. Menurut informasi yang kami dapat, terkadang jadwal penerbanganya juga sering dibatalkan terutama jika cuaca tidak memungkinkan, mengingat pesawat yang digunakan adalah pesawat kecil. Pada akhir tahun 2022, penerbangan Ambon-Kisar dijadwalkan pada hari Selasa. Sedangkan penerbangan Kisar-Ambon dijadwalkan pada hari Kamis.

 **Gambar 3.** Pesawat Sam Air yang melayani rute Kisar melalui Ambon.
Gambar 3. Pesawat Sam Air yang melayani rute Kisar melalui Ambon.

Per Januari 2023, Maskapai Susi Air kembali membuka penerbangan rute Kupang-Kisar setelah sebelumnya sempat ditutup sementara. Pesawat yang digunakan adalah pesawat perintis yang berkapasitas sekitar 20 orang. Sama seperti rute penerbangan Ambon-Kisar, rute penerbangan Kupang-Kisar tersedia satu kali setiap minggunya, yaitu pada hari Kamis (awal tahun 2023). Rute sebaliknya, penerbangan Kisar-Kupang, juga dijadwalkan pada hari Kamis.

Tersedia pula rute tidak langsung yaitu Ambon-Moa-Kisar. Pulau Moa terletak di sekitar 50 km di sebelah timur dari Pulau Kisar. Di pulau ini, berdiri kelurahan Tiakur yang merupakan ibukota Kabupaten Maluku Barat Daya. Jalur penerbangan ke Pulau Kisar dari Ambon bisa dilakukan menggunakan dua maskapai, SAM Air untuk penerbangan langsung Ambon-Kisar, dan Trigana Air dengan rute Ambon-Moa dan dilanjutkan dengan SAM Air rute Moa-Kisar. Jika tidak mendapatkan akses untuk penerbangan Moa-Kisar, perjalanan jalur laut bisa menjadi alternatif. KM Pangrango melayani rute pelayaran Moa-Kisar dengan waktu tempuh 4-5 jam. Dengan total kapasitas 970 penumpang, KM Pangrango dibagi menjadi 3 kelas, yakni kelas I dengan kapasitas 14 penumpang, kelas II dengan kapasitas 40 penumpang dan kelas Ekonomi dengan kapasitas 916 penumpang.

 **Gambar 4.** Halaman depan Terminal Bandar Udara John Becker, Pulau Kisar.
Gambar 4. Halaman depan Terminal Bandar Udara John Becker, Pulau Kisar.

Jika berminat menuju Pulau Kisar melalui jalur laut, dapat ditempuh melalui pelabuhan kota Kupang atau dari pelabuhan kota Ambon. Pelayaran dari Ambon ditempuh dalam waktu 2 hari 21 jam. Waktu tempuh berhari-hari dikarenakan rute pelayaran menyinggahi beberapa pelabuhan terlebih dahulu, dengan rute Ambon-Amahai-Serua-Nila-Teon-Wulur-Romang-Kisar. Pelayaran dari Kupang ditempuh dalam waktu 2 hari dengan rute Kupang-Ilwaki-Kisar atau Kupang-Lirang-Kisar. Keunggulan jalur laut adalah tidak terbatasi oleh kapasitas penumpang dan barang, dibandingkan dengan melalui jalur udara yang menggunakan pesawat perintis. Informasi jadwal pelayaran dan pemesanan dapat diakses di halaman situs resmi PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

Andaikan saat mendekati hari terjadinya gerhana nanti pemerintah mengetahui adanya peningkatan signifikan permintaan untuk akses transportasi ke Pulau Kisar, tidak menutup kemungkinan adanya tambahan jadwal yang disediakan. Besar harapan kami untuk bisa berjumpa dengan teman-teman untuk mengamati Gerhana Matahari bersama masyarakat di Pulau Kisar. Ayo, Masih ada waktu untuk merencanakan perjalanan. Sampai jumpa di Pulau Kisar.

 **Gambar 5.** Informasi penerbangan Maskapai Susi Air (Januari 2023) .
Gambar 5. Informasi penerbangan Maskapai Susi Air (Januari 2023) .

Berikut beberapa informasi kontak yang dapat kami kumpulkan:

SAM Air Call Center
082172899788
Agen Tiket (Ambon) 085243166770
Susi Air (El Tari Airport, Kupang)
+62380881262
+62380881747
+623808800142
Trigana Air Call Center
0821 97535993
0812 48977072
callcenter@trigana-air.com
4 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas