Pengamatan Konjungsi Mars dan Saturnus, Venus dan Jupiter

Jumat, 20 Mei 2022

Pada bulan April dan Mei 2022, langit malam dihiasi oleh parade planet-planet yang dapat diamati langsung dengan mata telanjang. Tidak hanya muncul sebagai penghias langit, planet pun tampak berada pada posisi yang istimewa di langit. Salah satu fenomenanya dikenal sebagai konjungsi, yaitu saat dua objek berada pada jarak terdekatnya di langit. Peristiwa konjungsi Mars dan Saturnus teramati pada 5 April 2022. Konjungsi lainnya adalah Jupiter dan Venus pada 1 Mei 2022. Dengan adanya dua fenomena ini, Observatorium Bosscha menyiarkan secara langsung fenomena konjungsi tersebut melalui kanal YouTube. Staf peneliti Yatny Yulianty dan Muhammad Yusuf mengajak pemirsa untuk ikut menikmati pemandangan planet-planet melalui teleskop yang berada di Observatorium Bosscha.

Fenomena astronomi seperti konjungsi memang terjadi pada waktu-waktu yang spesifik sebagaimana fenomena alam lainnya, tidak dapat diatur. Oleh karenanya acara yang dimulai pukul 03.30 WIB dan 04.00 WIB untuk masing-masing peristiwa konjungsi bukan karena bertepatan dengan waktu sahur.

Pada pengamatan konjungsi Mars dan Jupiter 5 April 2022, cuaca yang baik memberikan kesempatan pemirsa untuk melihat bagaimana kenampakan Mars dan Saturnus melalui teleskop yang dioperasikan oleh asisten peneliti Muhammad Dhimaz Gilang Ramadhan dan Sahlan Ramadhan. Tak seperti pengamatan sebelumnya, kondisi langit saat konjungsi Jupiter dan Venus pada 1 Mei 2022 cukup berawan sehingga menyulitkan pengamatan. Meski begitu, Muhammad Yusuf yang dibantu oleh Muhammad Dhimaz Gilang Ramadhan tetap berusaha mengambil citra pengamatan dan menunjukkannya kepada para penonton. Dalam acara ditunjukkan pula simulasi keadaan langit, Stellarium, sebagai gambaran keadaan langit jika langit cerah dan kedua planet dapat terlihat.

Fenomena astronomi seperti konjungsi planet terang merupakan fenomena yang menarik untuk meningkatkan minat dan mengingatkan kembali masyarakat untuk memperhatikan langit apalagi planet-planet tersebut dapat diamati dengan baik hanya oleh mata, ujar astronom Muhammad Yusuf. Melalui kegiatan siaran daring seperti ini Observatorium Bosscha berusaha menjangkau masyarakat yang lebih luas selama program kunjungan luring belum dibuka kembali.

Siaran pengamatan dapat kembali ditonton melalui kanal YouTube Observatorium Bosscha.

Kedua kegiatan pengamatan dapat disaksikan kembali di YouTube:

Konjungsi Mars dan Saturnus, 5 April 2022
Konjungsi Venus dan Jupiter, 1 Mei 2022
2 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas