Workshop Digitisasi Pelat Fotografi

Jumat, 18 Februari 2022

Dalam upaya preservasi dan mengoptimalkan pemanfaatan data pengamatan astronomi dalam media pelat fotografi, Observatorium Bosscha telah mengupayakan digitalisasi pelat fotografi sejak tahun 2015. Pada 17 dan 18 Februari 2022, observatorium Bosscha menyelenggarakan kegiatan workshop terkait program digitisasi pelat fotografi.

Pada Workshop dipaparkan pengenalan terhadap pelat fotografi (apa itu pelat fotografi dan sejarahnya seperti apa), bagaimana program digitisasi pelat fotografi dilakukan oleh Observatorium Bosscha serta bagaimana cara merawat dan mendigitisasi pelat fotografi. Pada hari kedua dijelaskan mengenai hal-hal apa saja yang bisa dilakukan pasca-digitisasi antara lain pengolahan citra dan analisis data (seperti astrometri, fotometri dan spektroskopi).

Dipandu oleh Evan Irawan Akbar dan Irfan Imaduddin, workshop diikuti oleh staf Observatorium Bosscha serta mahasiswa Prodi Astronomi yang tertarik untuk berkontribusi dalam pekerjaan digitisasi pelat. Workshop ini dilaksanakan dengan tujuan memperkenalkan arsip pelat fotografi dan upaya digitisasi yang dilakukan serta membuat working group program digitisasi pelat fotografi.

1 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas