Penetapan Cagar Budaya Kabupaten Bandung Barat

Kamis, 27 Januari 2022

Pada 27 Januari 2022, Observatorium Bosscha, FMIPA ITB menerima penyerahan SK Penetapan Cagar Budaya dalam wilayah Kabupaten Bandung Barat. Penetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Bandung Barat 188.45/Kep.731-Disparbud/2021 dan diserahkan oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Usup Suherman, S.Sn. M.Si., yang diterima oleh Kepala Obs. Bosscha, Dr. Premana Premadi. Penyerahan ini turut disaksikan oleh perwakilan dari FMIPA ITB, Dr. Wahyu Hidayat, aparatur pemerintahan desa setempat, serta perwakilan Kepolisian Sektor (Polsek) Lembang.

Penetapan Observatorium Bosscha sebagai cagar budaya tingkat kabupaten ini menguatkan posisi. Observatorium Bosscha sebagai institusi astronomi dan situs heritage yang perlu terus dijaga agar tetap dalam kondisi baik secara fisik (kondisi bangunan) dan yang terpenting, agar dapat terus menjalankan fungsinya sebagai institusi astronomi yang produktif dan berkembang.

Observatorium Bosscha terus berupaya aktif mengajak masyarakat sekitar observatorium untuk ikut menjaga kondisi lingkungan di sekitar observatorium melalui kegiatan pendidikan terkait preservasi langit gelap dan polusi cahaya. Penetapan ini menjadi pelengkap bagi status cagar budaya Observatorium yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai cagar budaya tingkat nasional pada 2014.

1 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas