IAU OAD 2021

Proyek IAU-OAD 2021

Empowering Rational Thinking Through Astronomy at Indonesian Schools

Memberdayakan Kapasitas Rasional Melalui Astronomi: Pendekatan Pembelajaran Jarak Jauh dari Observatorium Bosscha

Pandemi yang melanda dunia telah mengubah proses pembelajaran, baik bagi guru maupun siswa di sekolah. Dengan tekad pembelajaran harus tetap berlangsung dengan hasil baik, Observatorium Bosscha (OB) berusaha membantu sesuai dengan kapasitasnya. Untuk ini OB mempelajari dua hal: (1) kebutuhan dan metode belajar jarak jauh dan (2) materi ajar yang dapat membantu guru mengajarkan substansi astronomi dan bidang lain yang terkait, untuk meningkatkan kemampuan dasar generik yaitu kemampuan bernalar (berpikir rasional).

Proyek yang dilaksanakan sepanjang tahun 2021 ini berupa penyediaan materi dan metodologi pembelajaran jarak jauh, sekaligus sarana/infrastruktur dan sumber daya manusia agar penyampaian materi dapat diwujudkan dalam proses belajar berbasis internet. Lingkar terdalam pemanfaat program ini adalah para guru sebagai pemberdaya utama kapasitas berpikir rasional dalam sistem pendidikan nasional. Materi pembelajaran diperkaya dengan komponen STEAM, yang terpenting energi, air, dan kebutuhan untuk merawat Bumi. Seluruh materi disampaikan dalam bahasa Indonesia. Meski begitu, negara-negara yang tergabung dalam rumpun Melayu dapat pula memahaminya sehingga pemanfaatan materi dapat menjangkau area yang lebih luas. Beragam material pembelajaran, seperti materi presentasi, modul aktivitas, astronomi interaktif di website, video singkat, poster, dan lembar kerja tersedia di laman Astronomi untuk Publik.

Fasilitas dan sumber daya manusia yang dibangun dengan bantuan IAU-OAD (International Astronomical Union - Office of Astronomy for Development) ini telah mampu menjangkau lebih dari audiens yang direncanakan karena keserbagunaan peralatan yang disiapkan dan kemauan seluruh tim. Beragam program pun terlaksana, tidak terbatas hanya untuk guru melainkan juga untuk publik, seperti Pengamatan Virtual Langit Malam (PVLM) dan Temu Virtual (TV), serta untuk siswa yaitu Kelas Daring Astronomi (KDA). Program KDA utamanya dimanfaatkan untuk mengaplikasikan materi pembelajaran yang telah disusun sekaligus mengecek keefektifan materi.

Untuk mempersiapkan guru dan fasilitator pendidikan dalam menyampaikan materi dan metodologi pembelajaran, dilaksanakanlah rangkaian lokakarya yang bertema “Mengenali minat dan kebutuhan mempelajari Bumi dan Alam Semesta, dan upaya belajar jarak jauh”. Terdapat 4 lokakarya yang masing-masing memiliki topik astronomi dan komponen STEAM berbeda. Dalam lokakarya, peserta diperkenalkan dengan beragam bentuk materi pembelajaran yang telah disusun oleh Observatorium Bosscha. Peserta pun memberikan masukan terhadap materi pembelajaran sehingga materi yang disusun dapat disesuaikan dengan kebutuhan para guru.

Sebaran 470 peserta lokakarya

Terima kasih tak terkira kami haturkan kepada lembaga maupun perorangan, di antaranya IAU-OAD, ITB, dan guru-guru peserta lokakarya, yang telah memberikan dukungan sehingga proyek ini dapat terlaksana dengan baik.

Testimoni

Terima kasih untuk ilmu yang diberikan. Ilmunya sangat bermanfaat untuk saya gunakan dalam proses mengajar.

Terima kasih untuk Observatorium Bosscha dan tim atas segala ilmu yang bermanfaat mengenai kesadaran langit dan antariksa. InsyaAllah akan kami implementasikan dalam pembelajaran di sekolah. Semoga kedepannya terus-menerus diadakan kegiatan workshop dari Bosscha secara berkelanjutan dan mungkin bisa ada forum khusus guru dari Bosscha, sehingga akses sekolah kepada para ilmuwan bisa terbuka lebar…Aamiin..

Untuk team dari Observatorium Bosscha, saya haturkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami atas fasilitas yang diberikan menambah ilmu dan wawasan.

Terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh panitia yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, ditunggu event selanjutnya. Semoga sukses untuk semuanya.

Modul yang disampaikan sesuai dengan kurikulum yang diajarkan serta menambah wawasan berliterasi dan kemampuan numerik.

Konten yang diberikan sangat sesuai dengan kurikulum dan bisa diintegrasikan dengan mata pelajaran lain.

Modul yang diberikan sesuai dengan kurikulum di sekolah. Dalam mapel Geografi salah satu KD adalah menganalisis dampak rotasi dan revolusi Bumi. Dalam KD ini terdapat juga materi tentang fase-fase bulan dan mekanisme terjadinya gerhana.

Jejaring

4 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas