Newsletter Edisi 04: Januari - Maret 2022

Sabtu, 8 Januari 2022

Daftar Isi

James Webb Space Telescope, Era Baru Penjelajahan Semesta

Kisah keberhasilan dan tantangan dalam meluncurkan James Webb Space Telescope (JWST). Sebagai teleskop gelombang inframerah paling kuat yang pernah ada, JWST menawarkan potensi untuk mengamati benda yang jauh dan terbebas dari gangguan serapan debu. Potensi itulah yang membuatnya diharapkan dapat menyibak misteri benda-benda langit pada saat usia alam semesta masih sangat muda, dalam skala kosmik.

JWST, Mata Baru Pengamatan Eksolanet

Tumpuan Harapan pada James Webb Space Telescope (JWST), untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai ekstrasolar planet. JWST direncanakan membantu studi lebih lanjut mengenai beberapa eksoplanet yang diduga layak huni, bahkan tidak menutup kemungkinan dapat memberikan bukti adanya kehidupan lain selain di Planet Bumi.

Panduan Observasi Langit, Januari – Maret 2022

Mulai dari peristiwa konjungsi planet, puncak hujan meteor Quadrantids dengan ZHR (Zenithal Hourly Rate) lebih dari seratus meteor setiap jamnya, sampai daftar enam komet yang bisa diamati. Fenomena langit Januari-Maret 2021 akan diberi panduan singkatnya di sini. Selain itu, disajikan tips astrofotografi komet menggunakan kamera DSLR.

Liputan berbagai kegiatan di Observatorium Bosscha mulai dari jangkauan publik hingga penelitian Observatorium Bosscha sejak pertengahan September sampai Desember 2021.

Di bagian jangkauan publik, akan disajikan ulasan mulai dari Pengamatan Virtual Langit malam, Kelas Daring Astronomi, lokakarya tentang mengenali minat dan kebutuhan mempelajari Bumi dan alam semesta, sampai Virtual Open House Observatorium Bosscha dalam rangka mendukung Seminar Panorama Antariksa (SPA) 2021.

Di bagian penelitian, akan disajikan ulasan mulai dari daftar kontributor dari Observatorium Bosscha pada agenda SPA 2021 sampai perawatan instrumen dan pengarsipan di Gedung Koepel.

2 menit untuk membaca
Bagikan laman ini:
Ke Atas