img_4653
img_7050

menginspirasi anak indonesia

dengan keindahan alam semesta

tentang kami
unawe indonesia

asset-13x

UNAWE INDONESIA adalah anggota UNAWE (Universe Awareness for Children) International yang merupakan sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang pendidikan dengan target utama adalah anak-anak berusia 7-10 tahun yang berada di dalam kondisi kurang beruntung secara sosial-ekonomi atau yang menghadapi tantangan yang berlebihan untuk kehidupan anak-anak.

TUJUAN

Tujuan utama organisasi ini adalah untuk memperkenalkan keindahan alam semesta melalui aktivitas yang menyenangkan dan menginspirasi mereka tentang kehidupan bersama yang damai dan mendorong untuk berpikir rasional.

Proyek pertama UNAWE Indonesia berlangsung pada tahun 2007 dengan melakukan perjalanan Trans Java dan melakukan aktivitas seperti pengamatan malam, kelas astronomi di beberapa kota di Jawa Timur termasuk di tempat pengungsian korban lumpur LAPINDO, Sidoardjo. Pada tahun 2012 dalam rangka menyambut fenomena astronomi yang cukup langka, Transit Venus, UNAWE Indonesia melakukan ekpedisi ke Atambua, Nusa Tenggara Timur dan melakukan aktivitas pengamatan bersama hampir 3.000 orang siswa, guru, dan masyarakat umum.

Selain anak, guru dan edukator merupakan sasaran penting lain UNAWE. Melalui pelatihan dan pengembangan modul serta material edukasi astronomi UNAWE berusaha memberikan dorongan dan motivasi agar guru memiliki cukup bekal pengetahuan dan kepercayaan diri dalam menyampaikan materi terkait astronomi kepada siswanya.

Program aktivitas dan materi edukasi yang dikembangkan oleh UNAWE dirancang untuk dapat sedemikan rupa mencakup topik astronomi dan sains yang relevan dalam kehidupan sehari-hari atau yang ditemukan dalam konten pendidikan formal. Program disampaikan dengan metode yang menarik, menyenangkan dan mengikutsertakan peran anak-anak di dalam astronomi.

Aktivitas seperti pengamatan langsung Matahari dan langit malam menggunakan teleskop seringkali menjadi pengalaman langsung pertama banyak anak Indonesia bersentuhan dengan astronomi. Pengalaman langsung bagi anak-anak ini diharapkan dapat membuka cakrawala baru tentang dirinya, tempatnya di bumi serta alam semesta.

ekspedisi GMT poso

peta-poso

Lokasi

Kota Poso, Sulawesi Tengah berada pada jalur totalitas gerhana pada 9 Maret 2016. Akan menarik karena tidak hanya kota Poso berada pada jalur totalitas gerhana, namun juga karena kota Poso merupakan daerah dengan sejarah kondisi sosial kemasyarakatan yang penuh tantangan. Kami merasa dengan misi pendidikan dan perdamaian melalui kegiatan keilmuwan dapat membawa pesan posittif untuk generasi muda Poso akan masa depan mereka dan daerah mereka.

Agenda

Ekspedisi gerhana ini akan berjalan selama 5 hari (5-9 Maret 2016) dan berisi kegiatan pengamatan langit malam, pameran astronomi, serta kegiatan utama pengamatan gerhana matahari bersama. Kegiatan diinisiasi pada 7 Januari 2016 dengan agenda sosialisasi berupa sarasehan untuk masyarakat umum dan workshop untuk guru.

Kerjasama

Bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Poso serta Institut Mosintuwu, agenda Gerhana Matahari ini masuk di dalam kegiatan Festival Kawaninya yang akan diselenggarakan pada 8-9 Maret 2016 di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara.

PRA KEGIATAN

sarasehan dan workshop guru

EDUKASI

Pengiriman Paket Edukasi Gerhana melalui Partner Lokal

image01

Kerjasama

UNAWE Indonesia menjalin kerjasama dengan para Pengajar Muda Indonesia dan partner lokal (edukator, komunitas astronomi) sebagai duta gerhana. Kerjasama dengan partner lokal ini akan menjadi medium perpanjangan informasi serta material (leaflet, booklet, dan kacamata Matahari) yang akan digunakan di sekolah dan masyarakat yang berada di jalur gerhana total pada khususnya yang tidak didatangi oleh tim ekpedisi besar.

image00

Titik pengiriman

Ada total 59 titik (sekolah, universitas) yang tersebar di 14 propinsi yang menjadi target pengiriman paket gerhana ini. Kerja sama terjalin dengan PT Pos Indonesia yang bersedia memastikan terlaksananya pengiriman paket ke beberapa daerah terpencil seperti Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah serta Kabupaten Natuna Kepulauan Riau.

peta-indonesia-5

musi banyuasin

paser-02

paser

banggai

banggai

karanganyar-solo

materi edukasi gerhana

Gerhana Matahari merupakan fenomena alam yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pemberian informasi yang baik dan benar sangat diperlukan agar masyarakat Indonesia paham bahwa sebenarnya fenomena gerhana tersebut dapat diamati secara aman dan tidak berbahaya selama mengikuti tata cara mengamat yang benar.

Di bawah ini merupakan sumber materi edukasi yang disusun sebagai panduan informasi dasar dan aktivitas yang dapat dilakukan siswa terkait tentang Gerhana 9 Maret 2016 serta beragam teknik mengamat gerhana yang aman.

Booklet Gerhana

Buku kecil berisikan informasi tentang gerhana matahari 9 Maret 2016, aktivitas terkait gerhana dan tata cara mengamat dengan aman

Model Gerhana 3D

Aktivitas yang menggambarkan geometri Bumi, Bulan, dan Matahari yang diperlukan agar terjadi gerhana Matahari.

 

Level: dasar

Modul Lubang Jarum

Dengan memanfaatkan teknik proyeksi lubang jarum, kita akan membuat alat sederhana menggunakan bahan yang mudah ditemukan sehari-hari untuk mengamati Matahari.

 

Level: dasar sampai atas

Ukuran Tampak

Ukuran benda dapat terlihat berbeda karena letaknya dari kita. Gerhana Matahari Total dapat terjadi walau ukuran bulan jauh lebih kecil dari Matahari.

 

Level: dasar

Matematika Dalam Gerhana

Siswa akan mengamati apa yang terjadi saat Gerhana dan menghubungkan geometri objek-objek terkait dengan segitiga sama sisi.

 

Level: menengah-atas

Brosur GMT 2016

Informasi umum tentang Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016.

Kontak Kami

Kantor

Jl. Teropong Bintang, Observatorium Bosscha. Lembang, 40391

Jawa Barat, Indonesia

Telepon

+62 22 278 6027

Email

yatny[at]as[dot]itb[dot]ac[dot]id

captcha txt Tidak terbaca? Ubah tulisan.