Kunjungan Dr. Hakeem Oluseyi, 'Stargazer at Heart'

Pada hari Rabu, 2 Oktober 2019 yang lalu, Observatorium Bosscha mendapatkan kehormatan dikunjungi Dr. Hakeem Oluseyi dari Amerika Serikat. Dr. Oluseyi adalah profesor riset terkemuka di bidang aerospace, fisika, dan space science di Universitas George Mason. Sebelum posisinya saat ini, ia mengajar di Institut Teknologi Florida dan ditugaskan di NASA sebagai Manajer Pendidikan Sains Ruang Angkasa untuk Misi Sains mereka. Dia juga seorang komunikator yang produktif di bidang sains maju melalui acara televisi dan menjadi pembicara TedX.

Para astronom di Bosscha berkesempatan berbincang dengan beliau tentang banyak hal, terutama bagaimana kondisi pendidikan sains di Indonesia dan topik-topik sains yang masih hangat menjadi perhatian publik. Dr. Oluseyi banyak menyampaikan pengalaman pribadinya dalam menyampaikan sains kepada publik dan memberikan banyak nasihat bagaimana mengkomunikasikan sains dengan menyenangkan dan efektif, beberapa diantaranya melalui musik rap dan tarian, seperti yang dilakukan oleh beliau. Tertarik bagaimana Dr Oluseyi menyampaikan sains? Teman-teman bisa menyaksikan beliau di program dokumenter “How the Universe Works” produksi Discovey Channel salah satunya.

Berita tentang kolokium Astronomi yang diberikan Dr. Oluseyi di Institut Teknologi Bandung (ITB) bisa dilihat pada tautan berikut.

Galeri foto kunjungan Dr. Hakeem Oluseyi di Observatorium Bosscha
(credit: M. Yusuf)


Avatar
Observatorium Bosscha
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam