Festival Anak Bertanya 2019

Pada hari minggu, tim dari Observatorium Bosscha berada di Sasana Budaya Ganesha untuk melakukan suatu misi. Tim yang beranggotakan 13 mahasiswa Astronomi ITB ini siap untuk mengomunikasikan astronomi kepada publik terutama anak-anak di Festival Anak Bertanya (FAB) 2019 yang diselenggarakan pada Minggu, 28 Juli 2019.

Festival Anak Bertanya merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Mitra Anak Bertanya dan Direktorat Olahraga dan Sabuga ITB dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Yang berbeda dari Festival Anak Bertanya tahun ini adalah bekerja sama dengan Planet Sains sehingga menjadi Festival Anak Bertanya dan Festival Planet Sains.

Bersama organisasi astronomi lainnya seperti Dunia Astronomi, LAPAN, dan Langit Selatan, Observatorium Bosscha menjadi pengisi salah satu stand interaktif di Festival Anak Bertanya. Observatorium bosscha mengangkat kembali tema 50 tahun pendaratan di bulan yang sebelumnya ada pada Open House Observatorium Bosscha di FAB kali ini.

Anggota tim Observatorium Bosscha memberikan penjelasan tentang kunjungan publik kepada pengunjung FAB 2019

Pengunjung yang merupakan peserta dan orang tua peserta FAB disuguhi oleh poster-poster mengenai bulan dan polusi cahaya. Tim Observatorium Bosscha juga membawa poster yang berisi penjelasan kunjungan ke Observatorium Bosscha, kapan saja waktu berkunjung, bagaimana cara mendaftar kunjungan, serta apa saja yang didapat ketika berkunjung ke Observatorium Bosscha.

Bermain puzzle Bulan bersama tim Observatorium Bosscha

Di bagian tengah stand, terdapat video-video singkat mengenai astronomi yang ditampilkan melalui proyektor. Selain video dan poster, terdapat dua hal yang menarik perhatian peserta, yang pertama adalah puzzle bulan purnama. Peserta yang berhasil menyelesaikan puzzle bulan purnama diberikan penghargaan berupa pembatas buku (bookmark). Meskipun kesulitan, peserta tetap terlihat antusias dalam menyelesaikannya.

Pengunjung mencoba melihat benda jauh melalui teleskop yang disediakan

Yang kedua adalah teleskop kecil yang diletakkan di bagian depan stand. Teleskop ini diarahkan ke salah satu objek yang ada di gedung Sabuga. Ukuran objek yang dilihat melalui teleskop dibandingkan dengan ukuran objek jika dilihat dengan mata telanjang. Perbandingan ini dilakukan supaya peserta mengerti bahwa salah satu fungsi teleskop adalah memperbesar ukuran objek yang dituju.

Hari semakin sore, ketika waktu menunjukkan pukul 17:00 WIB, acara Festival Anak Bertanya pun selesai. Tak lupa tim Observatorium Bosscha melakukan foto bersama. Semoga apa yang dilakukan tim dapat memantik keingintahuan publik terutama anak-anak mengenai sains, khususnya astronomi.

Tim Obsevatorium Bosscha pada FAB 2019

Berikut adalah galeri kegiatan FAB 2019

Kredit foto: Agus Triono P.J.

Avatar
Observatorium Bosscha
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam