Topik

Berikut adalah topik penelitian yang sedang dikerjakan di Observatorium Bosscha. Klik pada nama topik untuk detail lebih lanjut(— under construction —).


Bintang Ganda

Penelitian bintang ganda sudah dilakukan semenjak awal mula Observatorium Bosscha didirikan. Teleskop refraktor ganda Zeiss didisain khusus untuk keperluan ini.

Eksoplanet

Dari definisi kata, eksoplanet berarti planet yang mengorbit bintang lain selain Matahari kita. Semenjak 1995 hingga sekarang, sudah ditemukan sekitar 3900 planet terkonfirmasi yang mengorbit bintang-bintang lain.

Bintang Variabel

Bintang variabel merupakan bintang yang cahayanya berubah-ubah secara periodik. Beberapa penyebab variabilitas cahaya ini di antaranya adalah bintang berpasangan (ganda, bahkan lebih) yang secara berkala saling menutupi (menggerhanai), baik sebagian maupun seluruhnya; ataupun karena bintangnya secara berkala berubah ukuran, mengecil dan membesar (disebut juga bintang berdenyut).

Okultasi

Okultasi merupakan peristiwa tertutupnya suatu obyek langit oleh obyek langit lain, dimana ukuran sudut obyek yang menutupi lebih besar daripada obyek yang ditutupi (contohnya adalah bintang ditutupi Bulan). Dari peristiwa ini, astronom bisa melakukan studi kegandaan: mengecek apakah suatu bintang punya pasangan atau tidak, bahkan bisa mengetahui diameter sudut bintang, dengan resolusi yang sangat tinggi (orde milidetikbusur, (milliarcseconds atau mas)) dengan teleskop yang tidak terlalu besar (diameter, $\phi < $ 1 m).

Digitalisasi Plat Fotografi

Observatorium Bosscha merupakan lembaga riset Astronomi tertua di Indonesia yang masih beroperasi hingga sekarang. Pada awal-awal keberadaannya, penelitian Astronomi dilakukan dengan menggunakan metode visual dan mengambil gambarnya dengan plat fotografi. Seiring perkembangan teknologi, penggunaan sensor digital menggantikan plat fotografi yang dulunya kerap dipakai, sehingga banyak sekali plat fotografi yang masih utuh tersimpan dan dikuatirkan rusak. Pekerjaan ini bertujuan utama mendigitalisasi plat fotografi yang ada, selain untuk pengarsipan yang lebih baik, juga untuk penelitian dengan menggunakan data otentik dari era awal Observatorium Bosscha didirikan.

Pengembangan Sistem Pengamatan Hilal

Observatorium Bosscha telah terlibat dalam pengamatan sabit muda yang menandai awal bulan Hijriyah, terutama Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah semenjak tahun 2007. Sabit termuda yang bisa diamati setelah Matahari terbenam inilah yang dikenal dengan sebutan Hilal. Teknik yang digunakan terus berevolusi, mengikuti perkembangan jaman serta pemahaman teknis observasi hilal itu sendiri. Detektor yang digunakan pun beragam: mulai dari webcam, kamera DSLR, CCD kamera, sampai dengan CMOS camera. Penggunaan filter pun mengalami perubahan: dari tanpa filter, penggunaan filter ND 0.3 + 0.6, serta penggunaan filter inframerah.

Program Pengamatan Bintang Be

Program Pemantauan Sky Brightness

Pengamatan Spektroskopi (resolusi rendah dan tinggi)