Q & A


Siapa yang bisa berpartisipasi?

Siapapun yang memiliki teleskop atau lensa binokuler. Baik secara individu, atau bagian dari komunitas astronomi atau semacamnya


Mengapa Bulan?

Selain dapat dilihat walaupun dengan mata telanjang, Bulan juga merupakan salah satu obyek langit yang paling indah sekaligus paling mudah dilihat melalui teleskop. Karena jaraknya relatif dekat, berbagai detail dari kawah Bulan dapat diamati dengan mudah.


Kenapa melibatkan masyarakat?

On the Moon Again bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap langit malam, khususnya Bulan. Terutama mereka yang kurang memiliki minat terhadap obyek-obyek langit, atau mereka yang tidak pernah membayangkan bahwa sejatinya hal tersebut dapat diakses dengan mudah dan sangat menyenangkan.


Di Mana kita melakukan pengamatan?

Karena untuk dapat mengamati Bulan tidak perlu langit gelap tanpa polusi cahaya, maka kita dapat menempatkan piranti astronomi kita di tempat yang ramai untuk menjangkau sebanyak mungkin orang. Tempat-tempat terbaik yang layak dicoba adalah pusat keramaian publik, alun-alun kota, di sepanjang tepi sungai, di sebelah objek wisata, atau di depan kafe/restoran yang populer. Jika Anda tinggal di desa atau di tempat yang notabene bukan obyek wisata, Anda dapat memasang instrumen Anda di depan rumah dan memberi tahu tetangga/teman-teman Anda melalui sosial media untuk bergabung dan mengamati Bulan bersama Anda! Jika Anda memiliki mengelola sebuah observatorium, tentu saja Anda juga dapat menggelar pengamatan di sana.

sidewalk
astrocafe


Kapan pengamatan dilakukan?

On the Moon Again akan berlangsung pada hari Jumat, 12 Juli dan Sabtu, 13 Juli 2019 (seminggu sebelum peringatan 50 tahun langkah pertama Manusia di Bulan). Kedua hari ini dipilih karena fase Bulan sedang waxing gibbous (hampir purnama), sehingga memungkinkan untuk diamati dengan sangat indah beberapa jam setelah Matahari terbenam.


Dengan alat apa kita mengamat?

Bulan dapat diamati dengan sangat jelas melalui berbagai peralatan astronomi. Mulai dari sepasang binokuler, teleskop yang berdiameter 20-30 cm, serta teleskop populer yang banyak dimiliki masyarakat/komunitas astronomi yang diameternya berkisar antara 60 mm hinga 115 mm. Anda hanya perlu mengaturnya dengan perbesaran rendah (30-40x). Hal ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan adjustment sesekali saja sekaligus menunjukkan kepada masyarakat bahwa Bumi itu berotasi.

binokuler
teleskop
teleskop


Apa yang harus dijelaskan kepada masyarakat?

Jika Anda memiliki lebih banyak pengetahuan tentang bagaimana awal mula pembentukan Bulan, proses tumbukan pada kawah, usaha pendaratan di Bulan, atau pengamatan Bulan pertama kali oleh Galileo Galilei, tentu Anda dapat berbagi cerita dengan siapa pun yang Anda temui di sana. Kemudian, yang harus Anda lakukan hanyalah menjawab alur pertanyaan yang akan diajukan oleh mereka secara alami.


Bagaimana cara berbagi cerita di media sosial?

Anda dapat mengomunikasikan keberadaan Anda melalui media sosial, dan mendorong teman-teman Anda maupun pers lokal untuk bergabung dengan acara ini supaya lebih banyak orang yang terlibat dan menjadikan On the Moon Again sebagai dua malam astronomi terbesar di dunia. Untuk berbagi pengalaman selama dua hari tersebut, cukup gunakan satu tagar #onthemoonagain