Selayang Pandang

Pada tanggal 20 Juli 1969, manusia pertama kali menjejakkan kakinya di Bulan. Hal ini menjadi pendorong bagi umat manusia untuk misi penjelajahan antariksa. Setengah abad sudah terlewati sejak sejarah ini tercatat. Oleh karena itu, untuk memperkenalkan kembali Bulan sang satelit Bumi kepada masyarakat, Observatorium Bosscha akan ikut memperingati 50 tahun pendaratan manusia pertama di Bulan. Hal ini pula menjadi salah satu tema yang diusung oleh IAU (International Astronomical Union) untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-100.


Peringatan yang dilakukan Observatorium Bosscha berupa Open House yang terdiri dari tamu undangan dan masyarakat yang sudah mendaftar terlebih dahulu secara online (cek pendaftaran). Open House akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2019, pukul 16.00-21.00 WIB. Kegiatan ini diantaranya akan berisi pemaparan populer tentang Bulan, kunjungan ke rumah teleskop besar Zeiss, story telling, bermain, dan pengamatan Bulan. Pengamatan Bulan ini pun dilakukan secara serentak pada hari yang sama di berbagai negara.

multimedia
zeiss


IAU100 dan Perayaan Pendaratan di Bulan

Tahun 2019 menjadi ulang tahun ke-100 berdirinya Persatuan Astronomi Internasional, atau International Astronomical Union (IAU). IAU merayakannya dengan menyelenggarakan berbagai program selama setahun yang ditunjukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penemuan di bidang astronomi dalam kurun 100 tahun terakhir serta untuk mendukung dan meningkatkan penggunaan astronomi sebagai alat untuk pendidikan, pengembangan, dan diplomasi dengan tema umum “Di Bawah Langit Yang Sama”, “Under One Sky”.


IAU mengajak seluruh komunitas astronomi di dunia untuk ikut merayakan dengan melaksanakan kegiatan astronomi sepanjang 2019. Tahun 2019 juga menjadi perayaan satu tonggak sejarah khusus yaitu 50 tahun pendaratan pertama manusia di Bulan pada Juli 1969. IAU100 mengeluarkan dua program unggulan dalam merayakan peristiwa ini, 50 Tahun Perayaan Pendaratan di Bulan (www.moonlanding50.org), dan On The Moon Again (www.onthemoonagain.org).


50 Tahun Pendaratan Manusia di Bulan

Pada 20 Juli 1969, Neil Armstrong menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan. Di sini, ia mengucapkan kata-katanya yang sekarang terkenal “Satu langkah kecil untuk [seorang] pria, satu lompatan raksasa untuk umat manusia.” Momen yang tak terlupakan ini disiarkan langsung di seluruh dunia melalui televisi dan radio. Itu menjadi program TV yang paling banyak ditonton hingga saat itu, dengan lebih dari 500 juta pemirsa di seluruh dunia, dan banyak diliput oleh pers. Acara ini juga menorehkan kesan abadi dalam budaya populer, termasuk referensi dan penggambaran dalam film, televisi, video game, cerita rakyat, sastra dan banyak lagi.


Seperti dikutip dari situs resmi moonlanding50.org, momen ini integral dan berpengaruh bagi penelitian astronomi dan perjalanan ruang angkasa. Acara ini tidak hanya penting bagi industri luar angkasa, tetapi juga bagi umat manusia. Mengirim dua astronot ke luar angkasa, mendarat dengan lancar di Bulan dan mengembalikan mereka ke Bumi dengan aman adalah mimpi yang diyakini banyak orang mustahil. Prestasi besar ini memungkinkan untuk konsepsi dan pengembangan lebih banyak misi luar angkasa manusia.

On The Moon Again

Pada bulan Juli 2019 IAU100 juga mengeluarkan gerakan global dan universal yaitu On the Moon Again, yang mengajak semua orang di seluruh dunia, baik tua maupun muda untuk mengamati Bulan melalui teleskop atau alat bantu optik lain pada hari Jumat dan Sabtu, 12 dan 13 Juli 2019. Kedua hari ini dipilih karena fase Bulan sedang waxing gibbous (hampir purnama), sehingga memungkinkan untuk diamati dengan sangat indah beberapa jam setelah Matahari terbenam.


On the Moon Again bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap langit malam, khususnya Bulan. Siapapun yang memiliki teleskop atau binokuler baik secara individu maupun bagian dari suatu komunitas astronomi dapat berpartisipasi dalam event ini. Diharapkan semua partisipan dapat mengajak mayarakat untuk turut serta mengamati Bulan dan berbagi pengalaman menarik.


IAU100 mengundang semua orang untuk mendaftarkan suatu acara di negara masing-masing dan untuk membagikan keterlibatan masyarakat di media sosial selama acara-acara tersebut menggunakan #IAU100, #OntheMoonAgain dan #MoonLanding50


Observatorium Bosscha dan Perayaan 50 Tahun Pendaratan di Bulan

Observatorium Bosscha sebagai salah satu institusi astronomi di Indonesia ikut serta merayakan peristiwa ini dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bertemakan Bulan dan pendaratan di Bulan sepanjang bulan Juli 2019.


Mari bergabung merayakan salah satu peristiwa tonggak sejarah ini baik dengan melakukan pengamatan Bulan di lokasi tempat tinggal masing-masing pada 12 dan 13 Juli (On The Moon Again) atau jelajahi berbagai sumber bertema Bulan yang kami kompilasikan untuk mendukung kegiatan Anda merayakan acara Ulang Tahun Pendaratan di Bulan. Silakan menuju tautan poster/booklet dan hands-on activities untuk melihat kompilasi material untuk mendukung kegiatan Anda.