Gugus Terbuka


Kurva cahaya dari salah satu bintang yang diamati di gugus terbuka NGC 6494

Pengamatan ini bertujuan untuk mencari bintang variabel dan bintang kandidat eksoplanet baru yang merupakan anggota dari bintang-bintang pada gugus terbuka. Pengamatan dilakukan dengan cara memantau perubahan cahaya (variabilitas) pada bintang-bintang tersebut selama beberapa waktu pengamatan.

Instrumen yang digunakan adalah sistem teleskop STEVia (Survey Telescope for Exoplanet and Variabel star). Sesuai dengan namanya, sistem teleskop ini didedikasikan untuk pekerjaan pengamatan survei pada gugus terbuka. Saat ini, sistem teleskop STEVia terdiri dari Tabung teleskop berdiameter 28 cm dengan panjang fokus 1764 mm. Detektor yang digunakan berupa kamera CCD. Kombinasi kedua instrumen ini menghasilkan luas medan pandang 26,8 x 17,9 menit busur. Sistem penggerak teleskop menggunakan mounting terkomputerisasi dan dapat dikendalikan secara remote dari lokasi lain menggunakan jaringan internet.

Objek yang diamati adalah gugus bintang terbuka yang tidak terlalu rapat, berukuran sesuai atau lebih kecil dari medan pandang teleskop, berada cukup tinggi (altitude) pada posisi pengamatan di Observatorium Bosscha, dan dapat diamati cukup lama (> 3 jam per malam) selama musim kering.

Pengamatan mencari bintang variabel dan kandidat eksoplanet di gugus terbuka merupakan pekerjaan yang masih cukup jarang dilakukan. Jadi, masih sedikit bintang variabel dan bintang kandidat eksoplanet yang telah ditemukan di gugus terbuka. Tantangan terbesarnya adalah mendeteksi variabilitas pada daerah ramai (crowded) bintang. Diperlukan teknik pengukuran tertentu untuk mendukung pekerjaan ini. Beberapa objek gugus terbuka yang telah diamati adalah NGC 6494 dan NGC 66331.

Saat ini, telah ditemukan beberapa calon bintang variabel baru di gugus terbuka yang diamati oleh Teleskop STEVia. Data yang didapat adalah kurva cahaya dari sistem bintang tersebut. Perlu adanya pengamatan lanjutan (follow-up) untuk mengkonfirmasi temuan tersebut. Pekerjaan di teleskop STEVia masih panjang. Hingga saat ini, masih terus dilakukan penyempurnaan teknik pengamatan dan analisis data pengamatan untuk dapat mendeteksi variabilitas bintang dengan lebih baik.

Peneliti Utama: Denny Mandey, M.Si.

  • mandey.de(at)as.itb.ac.id

Referensi:

  1. Mandey, D., Yusuf, M., dan Putra, M., 2019, Exoplanet Survey Observations of NGC 6494 and NGC 6633 at Bosscha Observatory. Journal of Physics: Conference Series, 1127, 012051.