Kelas Astronomi

Layanan Daring Untuk Sekolah

Di masa pandemi Covid-19 ini, tim pendidikan dan penjangkauan publik Observatorium Bosscha mencoba menghadirkan astronomi melalui program daring. Karena sekolah dan kelompok belajar masih ditutup, kami menawarkan sesi ruang interaktif daring untuk siswa usia prasekolah, dasar, menengah dan atas.

Kelas daring dapat berlangsung selama 30 hingga 60 menit yang dapat berisi beberapa pemaparan materi seperti pengenalan observatorium dan profesi astronom, serta topik astronomi tertentu. Untuk materi astronomi yang disampaikan akan bergantung kepada pihak observatorium, atau dalam kasus tertentu dapat sesuai permintaan. Dalam penyampaiannya, program dan konten akan disesuaikan dengan tingkat pendidikan dari peserta. Kami dapat menggunakan media interaktif (software, video) dan juga aktivitas hands-on dalam pelaksanaan kelas. Kelas ini akan dipandu oleh peneliti/astronom edukator kami.

Seputar Layanan

Apakah Observatorium Bosscha memberikan layanan virtual trip?

Kami belum memiliki program tur virtual dengan format berkeliling kawasan dan melihat fasilitas Observatorium Bosscha secara real-time.

Apakah layanan daring berbayar?

Untuk saat ini layanan kepada sekolah diberikan secara gratis.

Kapan program dapat dilaksanakan?

Waktu pelaksanaan kegiatan akan bergantung kepada kesepakatan bersama. Sekolah dapat memilih hari Selasa, Rabu, atau Kamis. Kami usulkan sekolah untuk membuat perencanaan tidak kurang dari 3 pekan saat dibuat permohonan kepada observatorium.

Berapa kapasitas yang diberikan?

Kelas daring kami sajikan melalui platform online meeting Zoom dengan peserta maksimal 90 orang. Bila sekolah ingin menyelenggarakan kelas untuk lebih dari 90 peserta, sekolah diharapkan dapat menyediakan ruang Zoom sendiri.

Apakah sekolah Anda tertarik? Silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Sekolah mengisi formulir pendaftaran di website resmi Observatorium Bosscha.
  2. Sekolah akan dihubungi oleh Observatorium Bosscha melalui email atau kontak narahubung untuk mengoordinasikan kegiatan.
  3. Setelah jadwal disetujui, Sekolah membuat surat resmi yang berisikan:
    • Tanggal dan waktu kegiatan
    • Tingkat pendidikan peserta
    • Komponen dan jumlah peserta (siswa, guru, atau lainnya)
    • Topik materi yang ingin disampaikan (jika ada)
  4. Sekolah mengirimkan surat resmi ke email: bosscha@as.itb.ac.id.
  5. Selamat, Sekolah terdaftar dalam KDA bersama Observatorium Bosscha.

Jadwal



Pendaftaran