Bosscha Robotic Telescope (BRT)

Tipe Teleskop: Corrected Dall – Kirkham
Tabung Utama: Planewave CDK 14
Diameter: 14 inci (0,36 m)
Panjang Fokus: 2592 mm
Rasio fokal: f/7,2
Detektor: Kamera CCD FLI PL 11002


Teleskop ini merupakan teleskop paling baru di Observatorium Bosscha. Mengusung desain Astograph CDK (Corrected Dall-Kirkham), teleskop ini mampu menghasilkan citra datar yang melingkupi area sebesar 70 mm yang terbebas dari kesalahan astigmatisma dan off-axis. Dengan desain “truss” berbahan serat karbon teleskop ini hanya memiliki bobot kurang dari 30 kg. Teleskop ini telah dilengkapi dengan sistem fokus dan sistem pengatur temperatur otomatis. Dilengkapi dengan mounting kelas profesional Astophysics 1600GTO teleskop ini mampu melakukan gerak dan menentukan posisi dengan akurasi yang sangat tinggi.

Secara umum teleskop ini digunakan untuk penelitian, survei, dan deteksi planet di bintang lain. Selain itu juga acap kali digunakan untuk penelitian asteroid berjarak dekat dengan bumi. Studi lain yang juga menggunakan teleskop ini adalah penelitian dan pengamatan berkala bintang variabel.

Teleskop yang terpasang di gedung surya ini dapat berjalan sepenuhnya secara otomatis dan beradaptasi terhadap kondisi langit dan lingkungan. Teleskop robot ini juga sepenuhnya dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan hubungan internet.