Ruang Multimedia

Ruang Multimedia Obs. Bosscha

Ruang Multimedia Obs. Bosscha

Ruang Multimedia merupakan ruangan berkapasitas 100 orang yang saat ini terutama digunakan untuk menerima kunjungan publik. Ruang ini dilengkapi dengan sarana multimedia, sehingga selain digunakan sebagai tempat ceramah astronomi populer untuk pengunjung, ruang ini juga dapat dimanfaatkan untuk pemutaran film-film/dokumentasi ilmiah. Rata-rata dalam hari kunjungan publik, ruang multimedia ini memberikan layanan sampai 600 orang per hari.

Ruang Multimedia ini dibangun tahun 1934 dan sejak awal ditujukan untuk demonstrasi publik. Awalnya ruangan ini berisi alat-alat peraga ilmiah, misalnya peraga gerhana, peraga bola langit, miniatur teleskop, dan sebagainya. Sebagaimana diketahui Observatorium Bosscha telah menerima kunjungan publik sejak tahun 1926. Namun seiring dengan semakin banyaknya permintaan kunjungan, ruang ini dimodifikasi menjadi tempat penerimaan publik untuk penyampaian informasi astronomi. Dalam ruang ini terdapat patung perunggu K. A. R. Bosscha. Patung tersebut merupakan cinderamata dari Perhimpunan Astronomi Hindia Belanda kepada Bosscha, yang diserahkan saat penyerahan Teropong Zeiss tahun 1928. Ketika Ruang Multimedia selesai dibangun, patung ini dipasang secara permanen di gedung ini.

Ceramah astronomi populer umumnya diberikan oleh para dosen dan mahasiswa di Program Studi Astronomi, FMIPA, ITB. Selain sebagai ceramah umum, tempat ini juga digunakan untuk kuliah-kuliah di Program Studi Astronomi, ITB.