Pelatihan Dasar Pengamatan dan Olah Data Hilal

Pada tanggal 13 – 14 Oktober 2018, Observatorium Bosscha mengadakan program pelatihan dasar pengamatan dan olah data hilal, yang ditujukan untuk civitas akademika Astronomi ITB. Program ini bertujuan untuk pengenalan dasar tentang hilal, prosedur pengamatan dan olah citra yang baik dan benar, dimulai dari konsep dasar di balik operasional teleskop, tahap persiapan, tahap pengamatan, sampai dengan tahap olah datanya.  Peserta pelatihan berjumlah 15 orang, yang terdiri dari mahasiswa tingkat strata 1 (S1) dan strata 2 (S2).

Setelah sesi pembukaan singkat di Wisma Kerkhoven, tempat acara ini diadakan, hari pertama pelatihan diawali dengan pengenalan kembali materi Astronomi Posisi oleh Agus Triono P. J. Materi ini merupakan dasar bagaimana sebuah teleskop bekerja, sehingga diharapkan peserta bisa memahami cara kerja teleskop dengan lebih baik. Setelah break ishoma siang, materi tentang hilal dan teleskop disampaikan oleh Muhammad Yusuf. Dalam materi ini, disampaikan pula tips dan trik melakukan kalibrasi serta alignment teleskop supaya kerja teleskop menjadi lebih optimal.

Malam harinya, peserta diajak untuk praktik langsung untuk melakukan alignment sumbu polar teleskop serta melakukan familiarisasi sistem kerja teleskop bagi peserta yang baru pertama kali mengoperasikan teleskop. Sayangnya, cuaca kurang begitu bersahabat sehingga praktik malam ini diakhiri pada sekitar pukul 23:45 WIB. Meskipun demikian, sebagian peserta melakukan proses alignment pada pukul 03:00 WIB dengan kondisi langit yang lebih baik daripada sebelumnya.

Esok paginya, setelah melakukan sarapan pagi, peserta kembali melakukan praktik lapangan, dengan melakukan alignment dan berusaha menangkap kenampakan dari obyek – obyek terang seperti Matahari, Merkurius, Venus, maupun bintang – bintang terang. Namun, awan tebal kembali berdatangan dan menutupi sebagian besar area langit, sehingga praktik lapangan diakhiri pada pukul 10:30 WIB dan dilanjutkan dengan materi olah data di dalam ruangan.

Peserta kembali disibukkan dengan data hilal hasil pengamatan tim Observatorium Bosscha, dan berusaha menampilkan hasil terbaiknya supaya hilal yang terekam bisa jelas terlihat. Sesi olah data ini ditutup dengan diskusi ringan mengenai harapan dan visi peserta tentang apa yang akan dilakukan ke depannya berbekal ilmu yang diperoleh pada pelatihan kali ini. Pada kesempatan ini pula Ibu Premana W. Premadi,  PhD.  selaku kepala Observatorium Bosscha berkenan hadir dan menyapa para peserta serta berfoto bersama.

Besar sekali harapan bahwa ilmu yang telah disampaikan bisa disebarluaskan, sehingga akan lebih banyak lagi orang – orang yang mampu melakukan pengamatan Astronomi pada umumnya, dan pengamatan hilal khususnya, dengan prosedur yang baik dan benar, sehingga hasil yang diperolehpun bisa lebih reliable dan bisa dipertanggungjawabkan secara saintifik.

Sampai bertemu kembali pada pelatihan – pelatihan selanjutnya. Clear skies!

You may also like...

%d bloggers like this: