Workshop – Pelatihan Pengamatan Hilal


PELATIHAN PENGAMATAN HILAL PERIODE INI BATAL DILAKSANAKAN KARENA JUMLAH PENDAFTAR KURANG DARI KUOTA MINIMUM. TERIMA KASIH ATAS ANTUSIASME ANDA. 🙂

  • Tanggal dan Lokasi 
    Jumat – Minggu, 6 – 8 Mei 2016
    Bertempat dii Kompleks Observatorium Bosscha, Lembang.

 

  • Jumlah Peserta Kelas
    Pelatihan akan dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas 20 orang (minimal 10 orang) untuk menciptakan lingkungan belajar yang intensif dan efektif. Jika peserta tidak memenuhi jumlah minimal maka pelatihan akan ditiadakan dan biaya pendaftaran akan dikembalikan.

 

  • Materi Pelatihan
    Pelatihan ini merupakan pelatihan pengamatan hilal tingkat dasar dari 3 tingkat yang ada (Dasar, Lanjut, dan Profesional). Tujuan pelatihan ini adalah membangun kecakapan dasar peserta dalam pengamatan hilal. Materi pelatihan mencakup teori astronomi dalam perhitungan hilal, persiapan dan metode pengamatan hilal (teori dan praktik), serta proses olah citra pengamatan (praktik). Pelatihan akan diisi oleh para astronom dan instruktur dari Observatorium Bosscha yang telah berpengalaman dalam pengamatan hilal, diantaranya adalah Dr. Moedji Raharto* (anggota Badan Hisab dan Rukyat), Dr. Mahasena Putra (kepala Observatorium Bosscha), dan Muhammad Yusuf (ahli teleskop robotik dan praktisi pengamatan bulan sabit siang hari). Pelatihan tingkat dasar ini berbobot 20,5 jam materi dan praktikum. Peserta akan mendapatkan copy materi pelatihan baik itu materi presentasi dan booklet berisi panduan pengamatan serta sertifikat.

 

  • Syarat Peralatan
    Pelatihan hanya akan menggunakan instrumentasi pengamatan yang disediakan oleh pihak observatorium. Peserta dianjurkan membawa laptop masing-masing.

 

  • Biaya
    Rp. 1.950.000 per-orang (termasuk snack, makan siang, dan makan malam)

 

  • Tingkat Kesulitan
    Pada pelatihan tingkat dasar ini, materi yang diberikan adalah konsep dasar geometri, matematika dan astronomi. Peserta tidak diwajibkan untuk memiliki dasar pendidikan tinggi di bidang astronomi, fisika, maupun matematika. Keaktifan dan kemauan untuk berpikir menjadi kunci seberapa suksesnya pelatihan ini akan bermanfaat untuk Anda. Selama Anda tertarik dan memiliki semangat tinggi untuk belajar mengamati hilal, Anda adalah peserta yang tepat.

 

  • Pendaftaran (TELAH DITUTUP)
    Pendaftaran dibuka dari tanggal 10 April 2016 sampai tanggal 1 Mei 2016. Silakan unduh formulir pendaftaran berikut kemudian isi dan kirimkan melalui email ke sulis@as.itb.ac.id dan sulis.astro08@gmail.com.
    Biaya pendaftaran dapat ditransfer melalui rekening BNI berikut:No rekening : 0901 042 017
    Atas nama : PPM FMIPA ITB
    Dengan mencantumkan tulisan berikut di formulir transfer:
    “Bosscha – Registrasi Pelatihan Hilal dari [nama][institusi/organisasi bila ada][kota]”
    Contoh: Bosscha – Registrasi Pelatihan Hilal dari Andi BHR Bandung
  • Cuaca
    Cuaca merupakan faktor penentu keberhasilan pengamatan hilal. Namun dalam pelatihan ini, meski terkendala cuaca, praktik pengamatan akan tetap dilakukan dengan fokus capaian yang telah ditentukan.

 

  • Transportasi dan Akomodasi
    Transportasi dan akomodasi penginapan tidak tercakup dalam biaya pelatihan. Kegiatan pelatihan akan berlangsung di Kompleks Observatorium Bosscha, Lembang. Berjarak sekitar 15 km dari Bandung, perjalanan dari Bandung ke lokasi pelatihan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit menggunakan kendaraan pribadi atau sekitar 1 jam menggunakan angkutan umum. Waktu tempuh dapat lebih lama bergantung situasi lalu lintas, terutama pada jam sibuk dan akhir pekan. Untuk Anda yang datang dari luar kota kami merekomendasikan untuk menginap di sekitar kompleks observatorium. Terdapat banyak pilihan penginapan dan hotel di kota Lembang yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari observatorium.Observatorium Bosscha juga menyediakan lodging house berstandar Bed & Breakfast yang dapat digunakan selama pelatihan. Fasilitas sewa mencakup kamar berbagi yang dapat digunakan untuk 3 – 4 orang dengan fasilitas single bed, kamar mandi dalam, dapur, common room serta sarapan. Rumah inap ini terbatas hanya untuk 7 orang.

    • Kerkhoven : Rp 350.000,00/malam
    • Rumah F : Rp 350.000,00/malam

 

  • Smoking Policy
    Merokok tidak diperkenankan selama berada di dalam ruang pelatihan, ruang teleskop, maupun di dalam ruangan lain di kompleks Observatorium Bosscha.

You may also like...

%d bloggers like this: