Minggu, 24 Juni 2018

Tayang-langsung ini dilakukan untuk memberi kemanfaatan bagi masyarakat luas tentang informasi hilal. Informasi hilal dapat menjadi salah satu masukan bagi Pemerintah dalam penentuan kalender atau hari besar keagamaan. Selain itu dapat digunakan sebagai kajian bersama, yang kelak dapat menjadi bahan untuk merumuskan kriteria dan pemahaman yang lebih mendalam tentang tampakan (visibilitas) hilal.

Tayang-langsung ini tidak dimaksudkan untuk menjamin bahwa hilal dapat dilihat. Demikian halnya, tidak digunakan untuk menilai apakah peralatan pendukung memiliki kemampuan atau tidak untuk melihat hilal yang rendah ketinggiannya dari ufuk. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tampakan hilal. Salah satunya adalah keadaan cuaca pada arah pandang ke Bulan/hilal. Kondisi cuaca berperan penting pada kualitas hasil tampakan hilal.

Tayangan ini tidak diniatkan untuk secara mandiri membuat keputusan tentang awal bulan baru. Keputusan tentang ini berada pada Badan/Institusi yang berwenang secara kenegaraan.

Proses tayang-langsung ini dilakukan dengan sebenarnya seperti apa yang tampak di langit. Hal ini multak dilakukan guna menjamin tersampaikannya informasi hilal secara utuh kepada masyarakat.

Melalui tayang-langsung ini diharapkan akan terjadi peningkatan apresiasi masyarakat seputar hilal melalui penyebarluasan informasi. Masyarakat dapat ikut serta mengikuti, memahami, dan menyikapi informasi seputar hilal melalui berbagai media yang tersedia.