Fasilitas Pendukung

Perpustakaan


Koleksi awal Perpustakaan Observatorium Bosscha diperoleh dari sumbangan Prof. Sande Bakhuijzen, mantan direktur Leiden Observatory pada tahun 1920-an, di antaranya Vierteljahrsschrift der Astronomischen Geselschaft terbitan tahun 1867; juga Koninklijjke Akademie van Wetenschappen te Amsterdam (1906-1917). Untuk melengkapi koleksi perpustakaan untuk keperluan riset para astronom, direktur pertama Observatorium Bosscha Dr. Voute menghibahkan koleksi buku pribadinya. Koleksi terbitan lawas ini dapat dikatakan menjadi koleksi antik di Perpustakaan Observatorium Bosscha. Buku terbitan tertua adalah Astronomica Danica yang terbit tahun 1640. Koleksi bersejarah lainnya adalah Annalen from Bosscha Observatory yang berisi riset tentang bintang ganda tahun 1926 dan dokumentasi pembangunan Observatorium Bosscha.

Selain mendapat bantuan dari berbagai instansi dan perorangan baik dari dalam maupun luar negeri, LKBF (Leids Kerkhoven Bosscha Fond) mengalokasikan buku-buku dan langganan jurnal untuk Observatorium Bosscha sejak tahun 1954. Oleh karenanya, Perpustakaan Observatorium Bosscha memiliki koleksi publikasi dan jurnal astronomi terlengkap se-Asia Tenggara.

Publikasi baru yang diterima dari berbagai negara sebagai exchange ataupun hadiah antar institusi ditampilkan di Ruang Baca. Ruang Baca ini terbuka 24 jam, biasanya digunakan mahasiswa yang melaksanakan riset tugas akhir dan pengamatan. Koleksi skripsi Observatorium Bosscha tidak hanya dari mahasiswa Astronomi ITB saja melainkan juga mahasiswa dari luar ITB yang membuat Tugas Akhir di Bosscha diantaranya Teknik Fisika ITS, UI, UPI, UNPAD, UIN, UNILA, UNHAS, UNJ, UNM, dll.

Perpustakaan Bosscha juga memiliki Proceedings pertemuan astronomi yang cukup lengkap diantaranya terbitan The International Astronomical Union dan Astronomical Society of the Pacific yaitu: IAU Symposium, Highlights of Astronomy, IAU Colloquium, ASP Conference Series dan beberapa yang lainnya.

Walaupun kini jurnal elektronik menjadi pilihan, namun Observatorium Bosscha masih berlangganan hardcopy jurnal yakni ICARUS dan JBAA. The Astronomical Almanac yang diterima dari US Naval Observatory setiap tahun menjadi rujukan berbagai instansi di Indonesia, karena hanya Observatorium Bosscha yang memilikinya. Demikian pula koleksi hisab rukyat menjadi acuan untuk keperluan menentukan hilal. Koleksi lainnya adalah foto-foto, CD, e-book dan e-journal, sky map, kliping astronomi, dll. Jumlah koleksi buku yang dimiliki sekitar 5000 eksemplar; jurnal dan publikasi lainnya sekitar 20000 volume.

Bengkel Teknik


Bengkel teknik merupakan fasilitas yang penting untuk tempat penelitian seperti Observatorium Bosscha. Tugas utama tempat ini adalah membuat berbagai keperluan custom yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti/pengamat, seperti adapter penyambung, ataupun dudukan teleskop serta tempat melakukan perawatan teleskop-teleskop yang mengalami kerusakan. Para teknisi yang bekerja juga handal dalam melakukan perawatan serta perbaikan teleskop-teleskop warisan Belanda seperti teleskop Zeiss dan Bamberg.

Ruang Multimedia


Ruang Multimedia merupakan ruangan berkapasitas 100 orang yang saat ini digunakan untuk menerima kunjungan publik. Ruang ini dilengkapi dengan sarana multimedia, sehingga selain digunakan sebagai tempat ceramah astronomi populer untuk pengunjung, ruang ini juga dapat dimanfaatkan untuk pemutaran film-film/dokumentasi ilmiah serta kegiatan mahasiswa. Rata-rata dalam hari kunjungan publik, ruang multimedia ini memberikan layanan sampai 600 orang per hari.

Ruang Multimedia ini dibangun tahun 1934 dan sejak awal ditujukan untuk demonstrasi publik. Awalnya ruangan ini berisi alat-alat peraga ilmiah, misalnya peraga gerhana, peraga bola langit, miniatur teleskop, dan sebagainya. Sebagaimana diketahui Observatorium Bosscha telah menerima kunjungan publik sejak tahun 1926. Namun seiring dengan semakin banyaknya permintaan kunjungan, ruang ini dimodifikasi menjadi tempat penerimaan publik untuk penyampaian informasi astronomi. Dalam ruang ini terdapat patung perunggu K.A.R. Bosscha. Patung tersebut merupakan cinderamata dari Perhimpunan Astronomi Hindia Belanda kepada Bosscha, yang diserahkan saat penyerahan Teropong Zeiss tahun 1928. Ketika Ruang Multimedia selesai dibangun, patung ini dipasang secara permanen di gedung ini.

Paparan astronomi populer umumnya diberikan oleh para dosen dan mahasiswa di Program Studi Astronomi, FMIPA, ITB. Selain sebagai tempat presentasi untuk publik, tempat ini juga digunakan untuk kuliah-kuliah di Program Studi Astronomi, ITB.

Wisma Kerkhoven


Peran Observatorium Bosscha sebagai fasilitas penelitian dan pendidikan membuatnya banyak dikunjungi oleh kalangan akademisi seperti mahasiswa dan peneliti dari institusi lain. Untuk menjamin kelancaran kegiatan mereka, Observatorium Bosscha menyediakan fasilitas menginap. Rumah Kerkhoven atau rumah A biasanya dijadikan sebagai tempat menginap tamu Observatorium Bosscha serta menjadi tempat pertemuan dan workshop yang dikelola Observatorium Bosscha.

Museum