Layanan Akademik

Sebagai pengemban tugas pendidikan, Observatorium Bosscha kerap melayani beberapa kegiatan akademik sebagai berikut.

Tugas Akhir Mahasiswa

Sebagai bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB, Observatorium Bosscha juga berperan dalam membimbing mahasiswa tingkat akhir, baik Strata 1 (S1) dan Strata 2 (S2), yang melakukan pengerjaan tugas akhir dan tesis, terutama yang terkait dengan pengamatan dan pengolahan data pengamatan.

Praktikum

Observatorium Bosscha juga menjadi tempat praktikum mahasiswa yang mengambil mata kuliah Laboratorium Astronomi. Para mahasiswa akan dibimbing oleh staf peneliti Observatorium Bosscha terkait prosedur pengamatan, akuisisi data, serta pengolahan datanya.

Kerja Praktik

Observatorium Bosscha sebagai institusi penelitian dan pendidikan juga melayani kerja praktik, baik mahasiswa Astronomi ITB, non-Astronomi ITB, serta universitas lainnya. Topik yang dikerjakan bervariasi: dari studi literatur, instrumentasi, studi lempeng dan geologi, studi arsitektur, bahkan bidang Biologi.

Kolokium

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

kolokium/ko·lo·ki·um/ (kata benda) 1) pertemuan keahlian; seminar; 2) pendidikan kegiatan belajar (pada tataran pendidikan sarjana) yang dilakukan dalam bentuk seminar untuk membahas proyek penelitian bertaraf lanjutan

Observatorium Bosscha mengadakan kolokium dalam berbagai disiplin: programming, riset Astronomi, . Kolokium ini dilakukan oleh pembicara tamu dari dalam dan luar negeri maupun dari peneliti Observatorium Bosscha.