Sarasehan Pengamatan Hilal Rajab 1440 H dan Sosialisasi 'Dark Sky Preservation'

Sarasehan Pengamatan Hilal Rajab 1440 H dan Sosialisasi 'Dark Sky Preservation'

Observatorium Bosscha sebagai institusi penyelenggara kegiatan tri dharma pendidikan akan melaksanakan kegiatan bertajuk Sarasehan Pengamatan Hilal Rajab 1440 H dan Sosialisasi “Dark Sky Preservation” pada Hari Kamis, 7 Maret 2019 pkl. 14:00 – 18:30 WIB bertempat di komplek Observatorium Bosscha.

Kegiatan akan diselenggarakan dalam bentuk pemaparan materi dan workshop pengamatan hilal ini ditujukan untuk diikuti oleh awak media dan institusi terkait, diantaranya Media Partner ITB, FMIPA ITB (bidang pengabdian pada masyarakat), LPPM ITB (bidang pengabdian pada masyarakat), LAPAN, Kementerian Agama RI, Imah Noong, SESKOAU, KOWAD, SESPIMPOL, Kades Lembang, Kades Gudangkahuripan, Camat Lembang.

Kegiatan diseminasi publik ini bertujuan untuk membangun pemahaman publik tentang hilal dan deteksi hilal terutama dalam menyikapi apabila terdapat potensi perbedaan hari besar keagamaan. Hal ini dilakukan dengan cara membekali para awak media dengan pemahaman yang cukup agar dapat menyusun narasi yang baik untuk publik terkait hilal khususnya dalam penentuan Ramadhan dan Syawal 1440 H mendatang. Kegiatan ini juga ditujukan untuk mensosialisasikan kampanye “Dark Sky Preservation”, sebuah gerakan bertujuan mempreservasi langit malam yang gelap.

Dengan kegiatan ini kami harapkan semakin banyak awak media yang lebih siap dalam menyampaikan materi tentang hilal secara khusus dan astronomi secara umum.

Flyer kegiatan bisa dilihat pada tautan berikut.

Nara hubung

Yatny Yulianty
+62 856 5900 2915
yulianty[at]as.itb.ac.id
Avatar
Observatorium Bosscha
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Selanjutnya
Sebelumnya