Sabtu, 30 Juli 2016

Informasi Hilal

Untuk memberikan informasi hilal astronomi secara lebih luas dan terbuka kepada masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., dan Observatorium Bosscha FMIPA, Institut Teknologi Bandung menyediakan layanan tayangan langsung hilal astronomi melalui halaman web ini. Pelaksanaan pengamatan hilal tahun ini didukung juga oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim - RIAU, Rukyatul Hilal Indonesia, Universitas Lampung, Universitas Mataram, Universitas Hasanuddin, Universitas Pendidikan Indonesia dan LAPAN. Melalui tayangan langsung ini diharapkan agar masyarakat luas berkesempatan untuk dapat ikut menyaksikan hilal dan memahami fenomena alam yang terkait.

Hilal adalah penampakan bulan sabit muda yang terlihat dari permukaan Bumi setelah konjungsi/ijtimak. Banyak kegiatan penting ke-Islam-an mengambil dasar posisi Bulan di langit, seperti Tahun Baru Hijriah, awal shaum Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan demikian dipandang penting untuk menyebarluaskan informasi awal bulan baru yang ditandai oleh tampakan hilal.

Informasi hilal astronomi yang disampaikan ini kiranya dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan yang diperlukan bagi pengambilan keputusan oleh Badan/Institusi yang berwenang secara kenegaraan. Hal ini sangat penting karena menyangkut hajat umat Islam baik secara nasional maupun regional.